7 Akun Youtube Belajar Soal Keuangan dan Investasi

Belajar Finance

Ngerasa banget deh, sudah setahun ini terutama saat pandemi karena saya banyak di rumah aja, jadi bisa melakukan hal apa saja di rumah supaya tetap produktif. Untungnya punya suami yang pro and support banget deh istrinya mau ngapain hayo aja katanya, selama positif gapapa.

Nah, karena saya suka banget segala sesuatu dunia finance, makanya sudah 2 tahun belakangan ini nih saya sedang menggeluti dunia saham dan keuangan. Mulai dari kelas basic, intermediate sampai kelas advance. Mulai dari yang tadinya free sampai akhirnya saya memberanikan diri untuk ikutan kelas berbayar. Ya masih terjangkaulah untuk biayanya. Semua saya lakukan secara mandiri, alias belajar sendiri. Salah satunya adalah saya banyak belajar melalui akun youtube.

Nah, akun-akun youtube siapa sajakah yang menjadi mentor saya dalam hal belajar tentang keuangan, finance dan investasi?

1. Zap Finance TV

Belajar Finance dan Investasi
ZAPFinanceTV

Siapa yang gak kenal ZAP Finance TV? ZAP Finance TV adalah akun youtube yang dikelola oleh mba Prita Hapsari Ghozie. Mba Prita ini favorit saya, saya sangat mengidolakan beliau sejak saya menjadi seorang blogger dan terjun yang namanya dunia investasi. Semua bukunya mba Prita saya koleksi. Semua lembar halaman bukunya sudah hampir menguning, sebentar lagi saya berganti beli e-booknya nih 🙂 saking sayangnya.

Dan sudah pasti juga dong saya subscribe akun youtubenya? Setiap ada video terbaru juga pasti saya tonton.

Mba Prita mengawali karirnya dengan bekerja sebagai freelance di institusi pelatihan keuangan terbesar di Australia, 

2. Doddy Bicara Investasi

Belajar Investasi - Doddy Bicara Investasi
Doddy Bicara Investasi

Kenal channel Doddy Bicara Investasi ini awalnya gara-gara saya mau cari review tentang bibit, ceritanya saya mau tau bagaimana cara buka akun reksadana, lalu belajar investasi di Bibit, dsb. Eh saya ketemu akunnya Doddy Bicara Investasi ini. 

Mas Doddy ini aktif banget upload video-video terbaru soal investasi, khususnya Bibit, makanya saya langsung nonton and subscribe deh. 

Video-videonya juga ada yang untuk pemula, intermediate ataupun yang kelas lanjutan. Makanya saya bisa banget belajar mandiri soal investasi. Penjelasannya juga sangat simple, bahasa finance yang mudah dimengerti. Jadi bisa banget belajar soal investasi disini. 

Doddy bicara investasi ini ada jenis-jenisnya, seri Podcast DBI, webinar bincang investasi, dan Bicara Investasi Series. Pokoknya sekali udah mampir ke channelnya mas Doddy ini, jadi pengen nonton video lainnya terus 🙂

3. Berke Finance

Belajar Investasi - Berke Finance
Berke Finance

Kenal channel Youtube Berke Finance ini gara-gara saya mau tahu komparasi antara masing-masing reksa dana, obligasi dan saham. Karena pengetahuan saya masih awam banget waktu itu, dan ingin memperdalam, lalu ketemu akun youtube Berke Finance ini deh. 

Semua penjelasan di tiap videonya menggunakan ilustrasi gambar. Jadi sangat mudah dimengerti.

Singkat, padat, straight to the point.

4. Ryan Filbert

Belajar Investasi - Ryan Filbert
Ryan Filbert

Kenal Pak Ryan Filbert ini gara-gara suami beli bukunya Tehnik Analisis Sahamnya Ryan Filbert. Trus saya searching soal saham nih, karena ceritanya saya sedang memperdalam dunia saham kan. Lalu mampirlah saya ke akunnya Pak Ryan ini. Tadinya saya gak ngeh bahwa akun yang tonton itu sama dengan buku yang dibeli suami 🙂 Pas dicek lagi, oalah ternyata sama 🙂

Saya suka banget nonton videonya Pak Ryan Filbert ini karena penjelasannya lugas, detail banget, jujur, penuh dnegan komparasi, and real. Dan video-videonya juga gak ada yang singkat. Jadi kalau nonton videonya Pak Ryan ini kudu luangkan waktu ya, karena videonya sangat detail and panjang 🙂 Biasanya saya nonton video-videonya sambil nyetrika 🙂 LOL

Sejak saat itu saya jadi rajin nonton videonya setiap ada video terbarunya, dan saya hampir mengoleksi semua buku-bukunya 🙂

5. Ellen May

Belajar Investasi - Ellen May

Sebenernya nama Ellen May sudah lama saya mengenalnya. Sering ke toko buku pasti tahu banget, bukunya selalu memenuhi rak buku paling atas untuk kategori business and economy. Nah, karena saya baru mengenal lebih jauh soal saham dan investasi 1-2 tahun belakangan ini, saya jadi sering mantau channel youtubenya Ci Ellen deh.

Ellen May wanita kelahiran tahun 1983 (lebih mudah daripada saya bahkan, tapi ia jauh lebih sukses). Terjun ke dunia trading tahun 2006, survive melewati krisis tahun 2008 dan bahkan menghasilkan keuntungan besar sejak krisis tersebut. Nah, sejak tahun 2008 itulah menjadi titik balik awal kesuksesan Ellen May. 

Ia juga mendirikan lembaga edukasi saham bernama Ellen May Institute, sering mengadakan seminar di berbagai kota besar, bahkan ia juga sering membuat konten edukasi seputar trading dan saham di social medianya (Instagram). Dan juga sudah banyak menelurkan buku.

Walaupun terhitung sibuk, Ci Ellen juga orangnya sangat ramah. Konten apapun yang saya share dan mention ke beliau, pasti beliau repost dan balas 🙂

Beliau juga ternyata teman baiknya Koh Ryan Filbert 🙂

Buat yang ingin belajar banyak soal trading saham, bisa belajar melalui akun youtubenya deh. Kalau sekiranya butuh yang materi lebih deep and expert lagi, bisa ikut coursenya dan webinar beliau yang berbayar.

6. Finansialku

Belajar Investasi - Finansialku

Finansialku.com diusung oleh seorang perencana keuangan Koh Melvin Mumpuni. Konten-konten yang dibuat oleh finansialku cukup singkat, padat dan jelas. 

Finansialku juga sering banget mengirimkan newsletter via email yang berupa jadwal webinar di youtube ataupun kelas berbayar, atau sekedar share ilmu yang free. 

Gak hanya di youtube, finansialku juga kerap membagi ilmunya di social medianya juga kolaborasi dengan beberapa expert di bidangnya.

7. QM Financial

Belajar Investasi - QM Financial
QM Financial

Kalau bahas Quantum Magna atau QM Financial kayaknya hampir semua orang tahu ya, yaitu sebuah perusahaan milik perencana keuangan mba Ligwina Hananto. QM Financial banyak memberikan literasi keuangan baik untuk personal, UMKM, lembaga ataupun korporasi. Levelnyapun mulai dari tahapan beginner, intermediate sampai yang expert. Dijelaskan secara lugas, apa adanya, real, dan mudah dimengerti.

QM Financial juga kerap mengadakan program belajar online, apalagi sekarang zamannya serba belajar online, QM Financial memberikan alternatif belajar online melalui aplikasi zoom. Atau juga bisa belajar sendiri di platform Udemy dengan modul Financial Journey.

Dan akun youtubenya ini bisa banget kita belajar soal financial literacy, atau sekedar mendapatkan insight soal keuangan. Dan QM Financial masuk dalam list akun youtube favorit saya setiap hari soal keuangan.

Nah, setelah melihat ke-7 akun youtube pilihan saya diatas, adakah yang kira-kira sama? Kalau sekiranya teman-teman memiliki financial literacy yang recomended lainnya, boleh lho berbagi insightnya di kolom komentar. Siapa tahu bisa jadi info buat teman lainnya juga.

Saya tunggu ya. 

Terima kasih sudah mampir ya. Semoga artikel saya bisa bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *