Mitrans

Midtrans Solusi Pembayaran untuk Start Up Pemula

Karena sudah berganti tahun, kemarin ceritanya saya lagi ngubek-ngubek stock skincare saya yang di rumah nih, stock screening lah judulnya, karena takut sudah ada yang expired juga, kan sayang juga. Nah, setelah di-screening, ternyata lumayan banyak juga koleksi skincare saya.

Nah, rencananya sih sebagian mau saya hibahkan ke teman-teman, sebagian lagi mau saya jual-jualin sih. Ada yang preloved bekas review, ada juga masih disegel, tapi bukan produk KW lho, ya. ๐Ÿ˜Š

Untuk memperlancar proses penjualan saya ini, saya tersadar bahwa ternyata saya membutuhkan Midtrans, layanan payment gateway yang bisa memudahkan saya dalam hal pembayaran. So, nantinya akan saya jelaskan di artikel saya ini, seberapa jauh sih peran Midtrans ini, terhadap bisnis khususnya untuk Startup. ๐Ÿ˜Š

Berkaca dari story saya sebelumnya, a few years ago, waktu awal-awal nikah saya sempat membuka bisnis fashion. Semua saya lakukan sendiri, mulai dari penyediaan barang dan bahan bakunya, proses pembuatan, pemilihan design, sampai soal pembayaran. Namanya juga bisnis baru ya, jadinya ya gak punya karyawan, ya jadi hanya saya bekerja sama dengan suami.

Kalau boleh jujur, soal design, penyediaan bahan baku, sebenarnya gak begitu merepotkan sih. Justru, yang bagian proses pembayaran ini cukup menyita waktu dan cukup melelahkan. Mulai dari ngecek satu-satu pembayaran dari siapa aja, buka e-banking masing-masing bank, lalu konfirmasi satu-satu ke para pelanggan, belum lagi menghubungi calon customer kita, it really took a lot of time. Yang lebih menyulitkan lagi kalau ada yang berusaha untuk penipuan, bilangnya sudah transfer, barang minta dikirim, tapi ternyata si ybs belum ada melakukan transaksi apa pun.

So, that’s why, saya membutuhkan sesuatu yang bisa mempermudah prosesnya itu. Karena saya gak bisa hire admin, maklum budget-nya belum ada, so saya browsing-browsing di internet, dan finally saya ketemu satu layanan yang menjadi solusi untuk pembayaran sebuah bisnis. Layanan tersebut bernama Midtrans. Ada yang sudah tau dan sudah pakai sebelumnya? ๐Ÿ˜Š

ย 

Kalau belum, baik saya akan ceritakan di bawah ya.

Midtrans, Payment Gateway Online dan Offline

Midtrans

Jadi, Midtrans ini adalah layanan payment gateway bagian dari ekosistem pembayaran Gojek Group. Visi dari Midtrans adalah menjadi solusi pembayaran online untuk beragam bisnis, mulai dari startup, UMKM, bahkan bisnis besar.

ย 

Kelebihan Midtrans yang perlu kita ketahui sebagai pemilik usaha adalah :

ย 

  1. Kita bisa terima pembayaran dengan mudah. Bisa via SMS, chat, atau website.
  2. Prosesnya registrasinya cepat.
  3. Urusan pembayaran jadi lebih efisien, kita sudah tidak perlu lagi yang namanya rekonsiliasi manual.
  4. Bisa menerima dan mengelola jumlah transaksi yang besar dengan mudah.
  5. Bisa menerima banyak jenis pembayaran, untuk yang online bisa melalui e-money, e-wallet (GoPay, ShopeePay, QRIS, kartu kredit, bank transfer). Untuk yang offline bisa Direct Debit (BCA Klikpay, OCTO Clicks, BRImo, Danamon Online Banking), dan juga bisa dengan cicilan tanpa kartu seperti Akulaku.
  6. Settlement pembayaran real-time.
  7. Pendaftaran awal gratis, dan biaya akan dikenakan hanya saat terjadi transaksi.

Ada Payment Link sebagai solusi awal dan cepat untuk pembayaran online. Memudahkan untuk para pemilik startup yang tidak punya waktu untuk membuat website atau toko online.

Siapa aja, sih, yang cocok pakai Midtrans ini? Usaha atau kegiatan apa saja yang bisa memanfaatkannya?

ย 

Banyak banget! Mulai dari supermarket, guru dan trainer, pemilik restoran, donasi, online seller, restoran, desainer, kantor-kantor, bahkan juga blogger, lho!

ย 

Cara pakainya juga cukup mudah. Misalnya ada orang yang tertarik membeli produk kita, kita bisa membuat single payment link. Begini caranya :

  1. Setelah melakukan registrasi, kamu akan melihat tampilan dashboard Midtrans seperti di bawah.
Midtrans

ย 

Jangan lupa sebelum membuat payment link, untuk bank account information harus dilengkapi semua datanya.

Current Billing Information - Midtrans

2. Setelah itu, kita akan membuat payment link. Caranya, pilih payment link di dashboard, lalu di kanan atas ada tombol create lalu pilih single payment link, nanti kamu akan menuju ke halaman seperti di bawah ini.

Single Payment Link - Midtrans

3. Pada order details, kamu bisa mengubah sesuai keinginan kamu, untuk payment link dan order ID nya.

Orders Details - Midtrans

4. Di bagian bawah, ada items, kamu bisa memasukkan data-data seperti item ID, item name, Item price, Quantity, dan juga total amount.

Item ID - Midtrans

5. Jika sudah ok, bisa klik create payment link.

6. Nanti kamu akan melihat tampilan seperti di bawah ini, sesuai dengan apa yang kamu masukkan di halaman sebelumnya. Kamu bisa melihat di sebelah kanan ada tulisan copy link.

Payment Link - Midtrans

7. Kamu bisa melihat contohnya, jika kamu klik payment url nya. Ini adalah tampilan yang akan terlihat oleh customer kamu. Kamu bisa memilih tombol copy link dan bisa diberikan kepada customer kamu untuk melakukan pembayaran.

e-wallet - Midtrans

8. Nanti customer akan memilih pay now, nanti customer akan melihat produk yang akan dibeli pada order details. Dan customer akan mengisi kolom customer details (full name, phone dan email).

9. Customer akan memilih tipe pembayaran.

Macam-Macam Pembayaran - MIdtrans
Macam-Macam Pembayaran - MIdtrans

Untuk e-wallet tampilannya seperti ini

e-wallet - Midtrans

10. Setelah customer melakukan pembayaran, kita akan mendapat notifikasi melalui email.

Payment Link ini khusus untuk yang tidak memiliki website toko online. Payment Link ini adalah salah satu produk unggulan dari Midtrans yang wajib dicoba para pemilik bisnis, lho!

ย 

Setelah saya coba registrasi Midtrans dan coba menggunakan Payment Link, menurut saya ini sih praktis banget. Kita gak perlu lagi konfirmasi transaksi pembayaran ke customer kita. Jadi sudah ada otomatis ada pemberitahuan via email bahwa di tanggal tersebut telah terjadi transaksi sejumlah sekian untuk barang apa.

Kalau dulu saya udah kenal layanan Midtrans ini mungkin proses penjualan saya jadi lebih lancar ๐Ÿ˜Š. Dan terutama terhindar sama yang namanya kasus penipuan. Kalau proses pembayaran jadi lebih mudah, pelanggan kita juga akan kembali lagi belanja di toko kita.

ย 

Berkaca dari pengalaman pribadi, kalau misalnya saya ingin belanja online di salah satu toko (katakanlah di social media seperti Instagram, ada yang proses pembayarannya lama dan ribet banget). Akhirnya saya gak jadi belanja ๐Ÿ™‚ Beda halnya kalau misalnya mulai dari awal saya tanya-tanya produk customer service-nya fast response, lalu soal pembayaran pun cepat. Saya pun akan kembali lagi belanja di toko tersebut ๐Ÿ™‚

So, menurut saya pribadi, Midtrans ini jadi solusi payment gateway yang paling tepat untuk para pemilik bisnis/startup.

ย 

Saya yakin kalian membutuhkan info lebih lanjut soal Midtrans. Jangan khawatir, kalian bisa menghubungi social media Midtrans di:

ย 

Instagram, LinkedIn, Facebook, Twitter, Youtube

ย 

Itu dia pengalaman saya menggunakan payment gateway Midtrans yang sangat memudahkan para penjual online. Semoga bermanfaat dan โ€ฆ ada yang berminat membeli produk skincare saya? ๐Ÿ™‚

One Response

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *