Cerdas Kelola Uang Dengan Bijak Saat Pandemi

Cerdas Kelola Hutang Dengan Bijak Saat Pandemi

Pandemi sudah hampir berulang tahun yang ke-2 ya, lihat berita ekonomi, kenaikan kasus angka positif juga sudah mulai menurun, ini mengindikasikan bahwa keadaan ekonomi Indonesia akan segera pulih ya, semoga aja terus membaik ya, karena gak ada lagi ya yang namanya PHK.

Kalian perhatikan gak, kehidupan di masa pandemi dengan sebelum pandemi banyak perubahan? Contohnya saya dan suami sendiri mengalami sih, mulai dari kantor suami gak ada kenaikan gaji, gak ada bonus yang signifikan, bahkan ada PHK sebanyak 80%. kebanyakan yang statusnya masih kontrak dan di kantor cabang. Alhamdulillahnya si status suami masih aman. Yah setidaknya kita harus bersyukur ya di setiap musibah.

Pandemi Mengubah Rencana Hidup

Masa pandemi membuat rencana hidup semua orang berubah. Karena pendapatan berkurang otomatis mengubah semua goal plan kita.

Contohnya :

Awalnya saya mau renovasi rumah, karena pendapatan berubah, jadi tertunda.

Yang tadinya saya mau menyekolahkan anak saya ke sekolah swasta, akhirnya saya ambil plan B menyekolahkannya ke sekolah negeri.ย Dan hal lain sebagainya.

Pandemi sangat mengubah pola pikir serta rencana hidup kita ke depan. Tapi alhamdulillah sih kami tidak sampai mengambil pinjaman untuk biaya hidup. Karena alhamdulillahnya saya masih punya tabungan dana darurat setidaknya 10% dari total yang seharusnya ada.

Kebutuhan VS Keinginan

Masa pandemi ini juga membuat maraknya berbagai pinjaman dan pembiayaan untuk barang konsumtif. Karena prosesnya dipermudah, suku bunga sedang turun jadi, DP nya juga tidak terlalu besar, alhasil memudahkan sebagian orang untuk mengajukan pinjaman alih-alih karena kebutuhan yang mendesak, padahal itu adalah keinginan semata ๐Ÿ™‚

Kita harus bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan.

Misalnya, kita mengajukan pinjaman laptop atau gadget untuk dipakai anak belajar (PJJ). Itu adalah salah satu bentuk kebutuhan.

Kita mengajukan pinjaman mobil untuk ganti mobil baru, padahal sebenarnya kita jarang pakai, di rumah saja, mobil tersebut tidak menjadi aset tetap yang berdaya guna. Itu adalah keinginan.

Baca Juga : 7 Akun Youtube Belajar Soal Keuangan dan Investasiย 

Tips Ajukan Pinjaman Dengan Bijak

Beberapa orang ada yang bilang kalau berhutang itu tidak baik, sebisa mungkin kita tidak berhutang. Justru kalau saya menerapkan prinsip berhutanglah dengan bijak. Dengan kita bisa mengatur hutang secara bijak, kita tetap bisa hidup nyaman.

Caranya bagaimana?ย 

  1. Pastikan cashflow kita lancar.
    Salah satu syarat penting dalam piramida keuangan adalah pastikan cashflow kita lancar. Karena cashflow lancar adalah syarat utama jika keuangan kita mau dikatakan sehat.

  2. Sesuaikan Pinjamanย  Dengan Kondisi Keuangan.
    Kita harus memahami konsep utama, hutang itu harus dibayar karena itu merupakan kewajiban kita. Tapi kita juga harus memahami batasan kemampuan berhutang sesuai dengan konsep pengelolaan keuangan yang baik.
    Misalnya kita sudah terlanjur berhutang, tapi kondisi keuangan kita tidak begitu lancar, kita bisa kok mengajukan ke penyedia pinjaman tersebut (misalnya bank atau pembiayaan lainnya) untuk memperpanjang masa tenornya. Supaya cicilan bulanannya tidak terlalu memberatkan. Konsekuensinya memang jangka waktunya jadi lebih panjang pelunasannya, tapi setidaknya pengeluaran bulanan kita tidak terlaluย  besar bukan?

  3. Tidak melebihi 30%
    Porsi hutang yang baik adalah 30% dari penghasilan. Misalnya penghasilan kita 5juta, maksimal cicilannya yang bisa kita ambil adalah Rp. 1,5juta.
  4. Bayar Hutang Tepat Waktu
    Usahakan kita tidak membayar hutang lebih dari tanggal jatuh tempo. Karena kita bisa dikenakan bunga yang besar. Usahakan saat kita mulai melakukan pinjaman, pastikan kita mampu melunasi hutangnya.ย 

  5. Berhutang Untuk Sesuatu Yang Produktif
    Misalnya kita ingin mencicil kendaraan bermotor, sebisa mungkin aset tersebut tersebut menjadi sesuatu yang produktif, misalnya, bisa kita sewakan ke perkantoran, atau kita pakai untuk operasional taksi online, dan sebagainya.ย 
    Jika kendaraan bermotor tersebut hanya digunakan untuk pribadi, pastikan jumlah cicilannya tidak mengganggu cashflow bulanan.

Pilih Perusahaan Pembiayaan Yang Baik

Gara-gara saya kemarin sempat bahas soal pembiayaan dengan suami, kami jadi sempat searching-searching deh soal pembiayaan yang bagus apa. (Ya, kami memang berencana untuk ganti mobil tahun 2021 ini sih, maklum mobil kami umurnya sudah tua sekali, sudah hampir 15 tahun (Hampir seusia pernikahan saya dan suami) ๐Ÿ˜€ jadi kami berniat untuk ganti mobil.ย ย 

Menurut kami ada beberapa kriteria memilih perusahaan pembiayaan (multifinance) yang tepat dan terpercaya :

  1. Punya reputasi yang baik dan terpercaya
  2. Rasio hutang yang rendah
  3. Punya neraca keuangan yang kuat
  4. Memiliki legalitas dari OJK
  5. Proses mudah, praktis dan cepat

Salah satu pembiayaan (multifinance) yang menjadi perhatian saya adalah BFI FInance. Next aku akan bahas tentang BFI Finance ya.

BFI Finance

BFI Finance adalah perusahaan pembiayaan terlama di Indonesia sejak tahun 1982 sekaligus menjadi perusahaan pembiayaan pertama yang mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 1990.

BFI Finance juga perusahaan yang mengutamakan dan mematuhi Good Corporate Governance. Dan saat ini BFI Finance juga sudah mendapat izin legalitas usaha dari OJK.

Produk BFI Finance terdiri dari pembiayaan modal kerja, investasi dan multiguna untuk kebutuhan produktif seperti modal kerja, investasi, dan pengembangan usaha maupun kebutuhan konsumtif lainnya seperti biaya pernikahan, renovasi rumah, dsb.

Kantor pusat BFI FInance adalah di Tangerang Selatan dan memiliki jumlah karyawan sebanyak lebih dari 9000 karyawan di lebih dari 300 outlet seluruh wilayah Indonesia dengan 45 diantaranya memiliki layanan pembiayaan syariah.

Layanan konsumen BFI Finance

Sepertinya BFI Finance ini menjadi pilihan multifinance pilihan kami ke depannya karena memiliki track record yang oke, dan kebetulan juga saya memiliki sedikit saham disana ๐Ÿ™‚

Saat ini untuk mencapai keinginan kita menjadi dipermudah ya, #SelaluAdaJalan untuk masa depan yang lebih baik. Mungkin ke depannya saya gak hanya akan ambil #kreditBFI mobil, tapi juga mungkin #PembiayaanmultigunaBFI di BFI Finance ini.

Yang pasti sebelum memutuskan untuk berhutang saya memastikan lagi apakah keuangan saya tidaknya untuk 6 bulan atau 1 tahun ke depan lancar. Dan jumlahnya tidak melebihi kapasitas pengeluaran saya dan suami.

Untuk info lebih lanjut, kalian bisa mengunjungi website dan juga social media dari BFI Finance ya.

Website : https://www.bfi.co.id/
Instagram : @bfifinance
Facebook : BFI FInance
Twitter : @BFIFinance
Youtube : BFI Finance Official

Logo BFI Finance

24 Responses

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *