Tentang AHA Exfoliating Toner (Manfaat & Pengertiannya)

It's All About Exfoliating Toner

Dulu sebelum kenal sama yang namanya skincare, saya gak tau apa kegunaan dan pentingnya untuk exfoliating toner, tapi setelah diberi tahu oleh adik saya sendiri, jadi sekarang step rutin ini yang gak pernah saya lewatkan, yaitu exfoliating toner. 

Pengertian Exfoliating Toner

Exfoliating Toner adalah zat kimia aktif yang diperlukan untuk perawatan yang bermanfaat bagi kulit. 

Apa saja kandungan Exfoliating Toner itu? Beta Hydroxy Acid (BHA), Poly Hydroxy Acid (PHA) atau Glycolic Acid, dan juga Alpha Hydroxy Acid (AHA)

Pentingnya Exfoliating Toner

Pasti diantara kalian sering banget menemukan kulit wajah yang kusam, gak bercahaya, banyak dark spot, kulit tidak rata, dsb. Problem ini yang paling sering saya temukan dulu sebelum saya belajar dan kenal soal skincare. Apalagi dulu saat saya belum kenal yang namanya double-cleansing.

Kenapa sih kita bisa mengalami masalah-masalah kulit? Karena itu semua terjadi karena penumpukan sel kulit mati. Kalau tidak dibersihkan, akibatnya mengalami penumpukan, dan kulit susah untuk regenerasi. Inilah yang menyebabkan kita sering mengalami yang namanya kulit kusam, dsb. Nah di toner ini cara kerjanya membersihkan kulit di lapisan lebih dalam lagi (bukan hanya di permukaan saja).

Oleh karena itu exfoliating toner itu penting untuk regenerasi kulit.

regenerasi kulit

Manfaat Exfoliating Toner

  • Menghilangkan sel-sel kulit mati

Gunanya untuk mempercepat regenerasi kulit. Dengan kulit lebih cepat beregenerasi, kulit kita akan menjadi cepat halus. 

  • Menyeimbangkan tingkat pH wajah

Memiliki wajah dengan pH yang seimbang tidak akan mengalami yang namanya minyak berlebih pada wajah sehingga menyebabkan sebum.

  • Detoksifikasi

Toner bisa juga menghilangkan racun yang ada pada kulit wajah yang sering kita temukan seperti asap, debu, dan residu kimiawi lainnya.

  • Bisa meratakan (tekstur dan warna) kulit wajah

Salah satunya bisa membantu menghilangkan bekas-bekas jerawat pada wajah. 

  • Bisa mencerahkan kulit wajah

Salah satunya adalah bisa menghilangkan bekas jerawat. 

Baca Juga : 9 Tips Memanage Skincare dan Make Up Gak Bikin Kantong Bolong

Tips Memakai Acid Toner Untuk Pemula

Selama 2 tahun terakhir sejak mengenal dunia skincare, kerasa banget kulit saya jadi jauh yang namanya sebum, pori-pori membesar, dsb. Saya juga dulu gak pernah pakai toner-toneran kok awalnya. jadi habis bersihkan wajah dengan sabun wajah, yaudah lanjut skincare (serum, essence, dsb).

So, tips saya buat kalian yang pemula banget yang ingin mencoba acid toner, ada beberapa tips dari saya :

  1. Pilih toner dengan kadar acid yang mild atau rendah. 

Supaya kulit gak kaget, dan gak menimbulkan breakout. Acid toner dari brand Korea biasanya kandungannya mild.

2. Gunakan sekali seminggu dulu

Pantau dulu apakah setelah pemakaian, kulit mengalami reaksi negatif atau tidak. Jika tidak, pemakaian bisa dilanjutkan kembali. 

Jika kulit baik-baik saja, pemakaian bisa ditingkatkan menjadi 2x seminggu. Selanjutnya bisa 2-3 hari sekali, atau bisa juga setiap hari jika diperlukan.

3. Jangan Lupa pakai Hydrating Toner

Setelah memakai acid toner yang berguna untuk mengeksfoliasi kulit (mengupas sel-sel kulit mati), ibaratnya kulit sudah ‘disiksa’ dengan zat kimia. Nah, supaya kulit kita tetap hydrate (lembab), setelah memakai exfoliating toner, wajib hukumnya memakai hydrating toner.

4. Lengkapi Dengan Pemakaian Sunscreen

Setelah memakai acid toner, jangan lupa kita juga wajib memakai sunscreen. Karena kulit kita menjadi lebih sensitif terhadap cahaya matahari. Ibaratnya kulit kita habis di soft peeling gitu deh. Kenapa saya bilang di soft peeling? Kalau di peeling beneran kan di klinik kecantikan dengan memakai zat kimia khusus memaksa kulit mati kita regenerasi sebelum waktunya. Nah, exfoliating toner yang kita lakukan mandiri ini seperti soft peeling lah istilah saya. 

5. Jangan Memakai 2 produk exfoliating toner bersamaan

Sepanjang literatur yang pernah saya baca, jangan memakai 2 zat kimia aktif secara bersamaan, apalagi buat kalian yang masih pemula banget dalam dunia skincare. Kalau info dari femaledaily yang saya baca juga, pemakaian clay mask juga dilarang. Acid toner juga tidak boleh dipakai bersamaan dengan skincare yang mengandung retinol dan Vitamin C. Skincare retinol sering kita temukan pada skincare untuk malam hari.

Jadi urutannya :

Cleansing – Exfoliating Toner – Hydrating Toner – Essence – Serum – Moisturiser – Sunscreen

Baca Juga : My Skincare Routine : Layering Skincare

6. Beli sample size atau travel size

Kalau gak yakin bakalan cocok, saya sarankan beli exfoliating tonernya dalam jumlah yang sedikit aja, dan biasanya di Shopee suka ada share in jar kan tuh. Nah, beli aja yang seperti itu. Gak mahal juga harganya. 

Review Setelah Pemakaian Toner

Jujur aja sih setelah saya kenal skincare (tahapan-tahapannya, perbedaannya, kandungan, sampai manfaat dan tata cara pemakaiannya) selama 2 tahun terakhir ini, saya ngerasa kulit saya jauh lebih baik daripada sebelumnya. Saya sudah terbebas dari yang namanya dark spot, dulu saya punya bekas jerawat yang agak menghitam di wajah, tapi seiring perubahan waktu, regenerasi kulit, serta pemakaian skincare yang rutin, saya sudah gak pernah lagi ngalamin yang namanya dark spot lagi.

Dulu saya inget banget, pakai exfoliating toner ini belinya di Shopee ecommerce langganan, belinya sample size (karena dulu saya belum punya budget buat beli skincare, kalau sekarang sih sudah dialokasikan sendiri buat kebutuhan skincare per bulannya). Makanya saya belinya sample size aja dulu.

Saya inget banget, exfoliating toner yang saya gunakan pertama kali adalah Pixi Glow Tonic. Saya belinya dalam kemasan 5ml 🙂

Pixi-Glow-Tonic

Saya pakainya juga hanya seminggu satu kali. Tapi setelah 1-2 kali pemakaian, kulit saya malah jadi membaik, pemakaian jadi saya lanjutkan ke 2-3x sehari. 

Selanjutnya saya jadi coba-coba exfoliating toner yang kadar acidnya lebih tinggi, atau bahkan juga saya suka pakai setiap hari (untuk yang kandungannya mild).

So ya, kulit saya sekarang jadi jauuh lebih baik 🙂 Kalaupun ke klinik untuk facial, gak terlalu banyak yang harus diekstraksi 🙂 *Happy!*

Semoga review saya bisa bermanfaat ya,

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *