Investasi Pertamaku P2P Lending di Koinworks

Pengalaman Pertama Investasi P2P Lending di Koinworks

Sudah setahun ini saya lagi concern banget sama yang namanya investasi. Makanya blog saya sedikit banyak ada postingan soal financial lieracy nih, so jangan kaget ya 😁 karena saya memang interest juga soal financial. Dari yang berawal investasi di reksadana, reksadana saham, sampailah sekarang saya mau mencoba investasi di P2P lending nih. Awalnya sih saya masih ragu-ragu sih buat investasi di P2P lending, kenapa? Pertama, karena saya belum terlalu paham soal invest di P2P lending. Saya harus banyak belajar dulu supaya gak salah langkah. Kedua, saya belum tau mau invest P2P lending dimana, karena kan syarat utamanya adalah kudu terdaftar di OJK. Ketiga, takut borower yang saya pilih ternyata gagal bayar, dsb. Nah setelah saya pelajari sendiri, mulai dari lihat reviewnya, trus cari-cari tahu gimana cara investasinya dsb, baru deh saya memilih. Dan kali ini saya memilih investasi di P2P Lending karena saya tertarik akan returnnya yang cukup signifikan. 

Baca Juga : Mau Investasi Pemula, Baiknya Dimana Ya?

Sebelum saya masuk ke penjelasan tentang Koinworks, saya jelaskan dulu ya sekilas soal P2P Lending ini. Supaya kalian yang belum paham bisa tercerahkan dengan pemahaman ini.

Tentang P2P Lending

Peer to Peer Lending (P2P Lending) atau Fintech Lending adalah sebuah platform (marketplace) yang mempertemukan antara pendana (lender) dan peminjam (borower). Nah, jika kita berinvestasi di P2P Lending, posisi kita adalah sebagai lender (pendana). Ya semacam simbiosis mutualismelah. 

P2P Lending ini hadir untuk membantu para peminjam untuk tujuan sosial. Si peminjam membutuhkan dana untuk berbisnis, pendidikan dan juga kesehatan. Sedangkan kita sebagai pendana menginvestasikan uangnya di P2P Lending.

Jadi jelas ya.

Dan salah satunya adalah Koinworks.

Tentang Koinworks

Koinworks itu sebuah layanan online untuk pinjam meminjam uang. Jadi kita dihubungkan dengan beberapa perusahaan yang membutuhkan pinjaman (modal usaha). 

Kenapa Memilih Koinworks?

Sebenarnya ada beberapa pilihan sih yang bisa diambil kalau mau berinvestasi di P2P Lending ini.

Nah, ada beberapa alasan kenapa saya memilih invest di Koinworks.

  • Modal kecil

Investasi di Koinworks sangatlah terjangkau, hanya seharga 2 cangkir kopi kekinian, yaitu Rp. 100ribu kita udah bisa berinvestasi.

  • Bunga Yang Tinggi

Kalau yang saya baca dari beberapa literatur, untuk returnnya lumayan per tahunnya, bisa sekitar 21,32%. Pastinya ini lebih tinggi ya ketimbang investasi lainnya.

    • Deposito berkisar 4-7%. 
    • Reksadana Pendapatan Tetap memberikan return 7-12%.
    • Reksadana Campuran returnnya 9-18%.

Jadi return yang diberikan Koinworks masih lebih tinggi dibanding yang lainnya.

  • Ada 3 Jenis Pembiayaan

Bisnis, Pendidikan, dan Kesehatan. Untuk lengkapnya kalian bisa lihat di websitenya.

  • Bunga dan Tingkat Risiko Pinjaman

Di Koinworks ada yang namanya investasi berdasarkan gradenya, ada Grade A, B, C, D dan E.

Grade adalah skor kredit yang ditetapkan atas pinjaman setelah tim Koinworks memberikan penilaian kelayakan kredit yang komprehensif.

Bunga & Tingkat Risiko Pinjaman

  • Legal

Koinworks ini investasi legal sudah diawasi oleh OJK, jadi sudah pasti amanlah ya.

Cara Investasi di Koinworks

Ada 3 tahap untuk memulai investasi di Koinworks, yaitu 1. Pendaftaran, 2. Pemilihan Investasi (Summary dan Pemilihan), 3. Penempatan Dana.

Mulai Berinvestasi di Koinworks

Nah, karena dari beberapa manfaat yang ditawarkan Koinworks, makanya saya jadi tertarik nih untuk investasi di Koinworks. 

 

Return di Koinworks

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *