5 Alasan Kenapa Anak Kita Harus Divaksin_

5 Alasan Kenapa Anak Kita Harus Vaksin

Hai semuanya. Kali ini saya mau bahas soal vaksin nih, kenapa harus vaksin, khususnya untuk anak-anak ya, apa dampaknya kalau tidak divaksin, pokoknya 101 kupas tuntas soal vaksin deh. Ohya btw, ada gak disini yang anaknya belum divaksin, bahkan sejak lahir? ๐Ÿ™‚ Jangan salah, beneran ada lho, bahkan menolak diberikan vaksin. Padahal ya, vaksin itu salah satu cara agar tubuh kebal terhadap suatu penyakit dan vaksin itu vaksin bekerja dengan meningkatkan respons sistem kekebalan tubuh secara alami.

Mitos dan Fakta

Sebelumnya saya mau bahas mitos dan fakta dulu ya seputar vaksin.ย 

Mitos : Lebih baik terinfeksi alami daripada mendapat kekebalan melalui vaksinasi

Fakta : Banyak sekali penyakit yang kita tidak ketahui, dan penyakit-penyakit tersebut bisa kita cegah dengan pemberian vaksin. Karena vaksin bisa merangsang sistem imun tubuh untuk menghasilkan respons kekebalan yang sama dengan infeksi alami.

Mitos : Anak saya gak usah divaksin lagi, karena anak saya tidak apa-apa dan sdah kebal.

Fakta : Kekebalan kelompok atau herd immunity terbentuk saat komunitas dari populasi besar diberikan vaksin untuk mencegah penyakit menular, jadi resiko wabah menular itu bisa berkurang.

Untuk lebih jelasnya akan saya jelaskan dibawah.

Tanggal 30 April 2021 lalu saya sempat menghadiri webinar yang diselenggarakan oleh Kenapa Harus Vaksin dan The Asian Parent Indonesia, bertemakan Kenapa Harus Vaksin, dalam rangka perayaan Pekan Imunisasi Dunia 2021 yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya vaksinasi di era Covid-19 dengan cara #LindungikuLindungimu.

Dan nara sumbernya adalah dr. Attila Dewanti, SpA(K)ย dan Sisy Prescilia sebagai moderator siang itu.

Pekan Imunisasi Dunia dirayakan setiap dunia di minggu terakhir (minggu ke-4) bulan April.

Kenapa Harus Vaksin

Kenapa Harus Vaksin

Ada beberapa manfaat yang bisa kita ambil bila (anak) kita divaksin :

  1. Bisa mencegah kematianย 
    2-3 juta kematian bisa dicegah dengan imunisasi

    2.ย  Mencegah penyakit
    Vaksin bisa mencegah lebih dari 26 macam penyakit

    3. Bisa mengurangi resistensi antibiotik
    Membantu mengatasi atau mengurangi terjadinya resistensi antibiotik karena bisa mencegah penyakit pada tahap awal.

    4. Menyelamatkan orang
    Meningkatkan cakupan imunisasi secara global bisa menyelamatkan lebih dari 1,5 juta orang setiap tahunnya.ย 

Apa itu Herd Immunity?

Sering mendengar kan ya akhir-akhir istilah itu lagi naik daun karena pandemi Covid19 ya.

Sebenarnya apa sih herd immunity itu?ย 

Jadi konsep herd immunity itu (kekebalan kelompok) dalam konteks imunisasi adalah konseo yang biasa digunakan dan bukan hanya teori.

Kebalnya sebagian besar sasaran suatu populasi melalui imunisasi, secara tidak langsung akan turut memberikan perlindungan bagi kelompok usia lainnya. Jadi kalau ada satu atau sejumlah kasus penyakit yang bisa dicegah dengan imunisasi (PD3I) di masyarakat maka penyakit tersebut tidak akan menyebar dengan cepat dan kejadian luar biasa (KLB) atau wabah bisa dicegah.

Kekebalan kelompok ini bisa dapat terbentuk bila cakupan imunisasi pada sasaran tinggi dan merata di seluruh wilayah.

Pencegahan penyakit salah satunya melalui imunisasi akan jauh lebih hemat daripada pengobatan.

Cara Baca Jadwal Imunisasi Anak

Jadwal Imunisasi Anak

Disini ada yang suka kesulitan and kebingungan gak sih baca jadwal vaksin anak, khususnya vaksin untuk balita? Huhuu sayapuun. Tapi sekarang sejak saya ikutan webinar ini udah gak lagi.

Ada beberapa petunjuk yang harus kita perhatikan di jadwal imunisasi anak.ย 

Arti Warna Imunisasi Anak

Primer (biru) : Imunisasi yang arus diberikan sesegera mungkin (imunisasi utama).

Booster (merah) : Sesuai dengan namanya untuk peningkatan, vaksin booster, alias imunisasi yang diberikan untuk imun booster aja atau vaksin tambahan.ย 

Catch Up (kuning) : Jadwal atau waktu yang bisa kita kejar untuk pemberian vaksin yang tertunda pada anak. Jadi misalnya kita belum sempat memberikan vaksin pada anak karena pandemi, kita tetap bisa memberikan vaksin di usia berikutnya.

Daerah Endemis (oranye) : daerah yang banyak penyakit tersebut (ada 9 daerah termasuk Jakarta, Bandung dan Bali).

Baca Keterangan Jadwal Imunisasi Anak

Saya jadi ingat waktu saya mengikuti webinar tentang vaksin, nara sumbernya bilang, bahwa kita sebagai orangtua harus aware, imunisasi mana aja yang harus diberikan pada anak kita, harus tahu detail serba serbi tentang vaksin. Dan buku jadwal vaksin anak yang kita miliki itu harus dibaca detail semuanya ๐Ÿ™‚

Keterangan Jadwal Imunisasi Anak

Apa aja sih yang kita perhatikan di jadwal imunisasi anak?

  1. Jarak antar dosis (interval dosis)
  2. Batas usia pemberian
  3. Rekomendasi lain yang tidak tertuang dalam tabel (misalnya Vaksin IPV minimal diberikan bersama DwTP atau DTaP.
Cek Jadwal Imunisasi Anak
Biasanya saat kita control untuk vaksin ke dokter anak, dokter akan memberikan jadwal vaksin anak kita untuk kunjungan berikutnya. Kalau kurang jelas, kita berhak bertanya kapan sebaiknya anak kita divaksin.

Lihat Jadwal Imunisasi Anak
Kita sebagai orangtua juga harus aware terhadap jadwal vaksin anak
ย 
Konsultasikan ke Dokter Anak
Kalau ada keluhan sebaiknya kita sampaikan kepada dokter.

Duh, Anakku Gak Bisa Vaksin Lengkap, Harus Gimana ya?

Banyak penelitian di berbagai negara membuktikan bahwa bayi dan balita yang tidak diimunisasi lengkap tidak memiliki kekebalan.

Mereka mudah tertular penyakit, akan menderita sakit berat, menularkan ke anak-anak lain, menyebar luas, terjadi wabah, menyebabkan banyak cacat dan kematian.

jadi sudah jelas ya, bahwa anak yang sudah dimunisasi lengkap memiliki kekebalan yang lebih tinggi dibanding anak yang tidak memiliki vaksin lengkap.

Wabah Penyakit Saat Pandemi

Terutama saat pandemi nih, wabah penyakit yang datang saat pandemi akan sulit untuk ditangani.ย 

Contohnya saja, waktu wabah dofteri tahun 2017, terjadi wabah dofteri yang cukup masif, dengan temuan yang cukup mengkhawatirkan.

  • Cakupan imunisasi yang rendah untuk vaksinasi DTP antara usia 2-6 tahun hanya 75,6%.ย 
  • Dari kasus wabah difteri yang dilaporkan tahun 2017, 66% tidak pernah mendapatkan vaksinasi DTP.
  • Sementara pada kasus lainnya, 31% tidak lengkap status vaksin DTPnya.

Kalau Terlambat Vaksin? Kalau tidak teratur bagaimana?

Mungkin pertanyaan itu juga dialami oleh saya, pasalnya terkadang saya juga suka tidak bisa vaksin pada saat tanggal yang ditetapkan. Kalau dulu sebelum pandemi, saya masih rajin dan rutin sesuai jadwal, tapi saat pandemi rasanya sulit.

So, apa yang harus kita lakukan?

  1. Segera lanjutkan imunisasi yang tertunda sesuai jadwal
  2. Kalau status imunisasinya ragu atau lupa, boleh dianggap belum pernah, dan vaksinasi tetap diberikan.
  3. Intervak vaksin tetap atau tidak berubah.
  4. Tidak ada bukti bahwa pemberian vaksin akan merugikan penerima yang sudah imun.

Kondisi Apa Anak Tidak Boleh Divaksin?

  1. Anak dengan keganasan (kanker) atau sedang menjalani kemoterapi
  2. Anak sedang mengkonsumsi obat-obatan immunosupresi
  3. Anak dengan riwayat alergi berat pada pemberian vaksinasi yang sama dengan dosisi sebelumnya.

Saat Anak Sakit Masih Boleh Divaksin Tidak?

Kalau anak kita sakit dengan gejala ringan, masih bisa divaksin, walaupun sakitnya itu :

1. Demam sub febris
2. Gejala salesma (Batuk, pilek)
3. Diare

Vaksin itu tidak akan membuat penyakit bertambah parah. Dan anak yang sedang minum antibiotik boleh kok divaksin.

Apa Saja Efek Samping Vaksin?

  1. Biasanya setelah vaksin, tubuh anak kita mengalami demam, dan itu adalah normal.
  2. Gejala demam menunjukkan bahwa vaksin sedang bekerja di dalam tubuh dalam membentuk antibodi. Pada umumnya reaksi ini akan mengilang dalam 24-36 jam.
  3. Vaksin dengan resiko demam tinggi yaitu DTwP dan Campak.
  4. Pemberian ASI dapat menurunkan kejadian demam pasca vaksinasi.

Pemberian Vaksin Ganda

Sudah pernah mendengar dengan vaksin ganda? Yaitu pemberian vaksin dilakukan lebih dari 1 varian vaksin dalam waktu yang bersamaan. Semua vaksin tanpa terkecuali.

Imunisasi dilakukan di bagian tubuh yang berbeda. Misalnya paha atau lengan kiri dan kanan menggunakan alat suntik yang berlainan.

Kalau tidak diberikan bersamaan :

  • Jarak diantara 2 injeksi vaksin hidup yang dilemahkan adalah 28 hari
  • Vaksin mati tidak ada jarak khusus

Kalau Bayi Prematur Bagaimana?

Vaksin sebaiknya diberikan sesudah bayi prematur berusia 2 bulan atau berat badannya sudah mencapai 2000 gram.ย 

Jadwal vaksinasi sesuai dengan jadwal vaksinasi IDAI

Tips Supaya Anak Kita Nyaman Saat Divaksin

  1. Divaksin sambil dipeluk

Pelukan dan sentuhan saat imunisasi sangat berarti untuk anak kita. Anak kita akan merasa nyaman. Selain itu juga membantu dokter atau perawat untuk mencapai area tubuh untuk disuntik. Serta mencegah anak kita bergerak berlebihan saat disuntik

Divaksin sambil memeluk anak

Kalau disuntik di bagian lengan :

  1. Pangku anak kita atau posisikan dirinya berdiri di depan mama atau papa
  2. Peluk anak kita dengan tangan melingkar di lengannya
  3. Tahan kaki anak kita diantara paha mama dan papa
Divaksin sambil memeluk anak

Kalau disuntik di bagian paha :

1. Pangku anak kita
2. Lingkarkan lengan mengitari badan anak kita
3. Tahan kaki anak kita diantara paha mama atau papa

Divaksin sambil memeluk anak

Tips Sebelum Membaca Anak Kita Imunisasi :

  1. Baca informasi tentang vaksin yang diberikan dokter
  2. Catat pertanyaan atau keluhan untuk disampaikan ke dokter
  3. jangan lupa bawa buku vaksin anak
  4. Bawa mainan atau barnag favorit anak kita untuk menemaninya selama imunisasi
  5. Jelaskan kepada anak kita bahwa vaksin akan membuatnya sehat.

ย 

Tips Vaksin Saat Pandemi

1. Pastikan anak kita dalam kondisi sehat sebelum vaksin
2. Batasi jumlah pendamping saat kunjungan vaksinasi anak di fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes)
3. Selalu kenalan masker dan perhatikan etika batuk atau bersin.
4. Utamakan kunjungan vaksinasi ke fasyankes yang memisahkan pasien sehat dan sakit.
5. Saat menunggu giliran, perhatikan jarak aman di ruang tunggu
6. Kalau ruang tunggunya penuh, tunggu di mobil sampai saat giliran vaksin tiba.
7. Selalu cuci tangan dengan benar selama dan setelah selesai keperluan di fasilitas kesehatan.
8. Setelah vaksinasi, tunggu sekitar 30 menit atau memantau reaksi yang mungkin terjadi.

Setelah Vaksin, Saat Sampai Rumah..

1. Ganti baju pendamping dan anak.

2. Sebaiknya pendamping dewasa juga mandi dan mengganti pakaian setelah kembali dari fasyankes atau rumah sakit.

3. Rendam dan cuci pakaian pendamping dan anak yang digunakan saat kunjungan ke fasyankes atau rumah sakit.

Imunisasi Kejar Imunisasi Ganda

Imunisasi Kejar (catch up)

Imunisasi kejar atau catch up adalah salah satu strategi yang dianjurkan untuk meningkatkan cakupan vaksinasi. Tujuannya adalah untuk melanjutkan vaksinasi yang tertunda pada individu yang memenuhi syarat (sesuai anjuran usia pada jadwal imunisasi).

WHO merekomendasikan untuk merencanakan kejar sesegera mungkin.

Melaksanakan imunisasi catch up bersamaan dengan pelayanan kesehatan rutin sangat penting untuk kelanjutan program imunisasi.

Mengutamakan pelaksanaan imunisasi catch up untuk Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan IMunisasi (PD3I) yang rentan wabah : campak, polio, difteri dan yellow fever.

Imunisasi Ganda

Imunisasi ganda direkomendasikan oleh kemenkes untuk dilakukan dalam pelayanan imunisasi.

Apa itu imunisasi ganda? Imunisasi ganda adalah pemberian lebih dari satu jenis imunisasi dalam satu kali kunjungan yang bermanfaat untuk mempercepat perlindungan kepada anak, meningkatkan efisiensi pelayanan dan orangtua tidak perlu datang ke rumah sakit berulang kali.

Pemerian imunisasi ganda suda terbukti aman, efektif dan tidak meningkatkan resiko efek samping atau KIPI pada anak.

Biasanya si anak akan merasa nyeri, tapi rasa itu akan berlangsung secara singkatย  saja.

Tentang Vaksin Combo

Vaksin combo atau vaksin kombinasi adalah gabungan beberapa komponen vaksin ke dalam satu vaksin untuk mencegah lebih dari 1 jenis penyakit.

Apa keunggulan vaksin kombinasi?

  1. berpotensi meningkatkan cakupan imunisasi
  2. Mengejar peningkatan cakupan khusus bagi anak-anak yang tertinggal jadwal imunisasinya
  3. Mengurangi biaya pengiriman dan penyimpanan vaksin
  4. mengurangi biaya kungjungan vaksinasi pasien
  5. menyederhanakan jadwal imunisasi untuk program pengenalanย  vaksin-vaksin baru

Bagaimana Tentang Pemberian Vaksin Combo Saat Pandemi?

Vaksin combo berpotensi bisa mengurangi jumlah suntikan atau jumlah kunjungan orangtua atau pengasuh ke rumah sakit yang secara objektif bisa mengurangi resiko paparan infeksi juga.

5 Alasan Kenapa Anak Kita Harus Divaksinโ€‹

So, kita sudah tahu jadwal, cara baca jadwal vaksin, dan serba serbinya.ย 

Sekarang saya mau kasih tau apa alasan anak kita harus divaksin.

  1. Sistem imun tubuh anak kita belum sempurna, oleh karena itu membutuhkan vaksinasi supaya di kemudian hari bisa melawan kuman yang akan masuk ke dalam tubuhnya.
  2. vaksinasi bisa memperkuat sistem imun anak kita.
  3. vaksinasi bisa menghindarkan anak kita dari penyakit menular yang mematikan.
  4. vaksinasi tidak hanya melindungi anak kita tapi juga semua orang di sekitarnya.
  5. melakukan imunisasi berarti menghemat waktu dan biaya.

As Our Reminder

Pandemi Covid19 masih melanda kita, kita harus tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan.

Beban pandemi ini tidak perlu ditambah dengan beban wadah PD3I. Ayo lengkapi vaksinasi anak kita yang tertunda.

Meskipun di tengah pandemi, selama kita mengikuti protokol kesehatan untuk kunjungan vaksinasi di fasyankes, vaksin aman.

Pastikan vaksinasi anak kita lengkap sampai dosis booster, supaya optimal, dosis booster harus diberikan tepat waktu.

Untuk info lengkapnya, kalian bisa follow dan baca tentang vaksin di @kenapaharusvaksin ya.

Jangan lupa follow social medianya agar selalu update berita tentang vaksin.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *