Bardi Smart Home, Automation Made Simple

BARDI SMART HOME

Hi semuanya! Mau tanya dulu deh, teman-teman udah pada nonton belum drakornya Start Up? Drakor ini sempat trending di akhir November dan awal Desember 2020 kemarin. Oke buat yang belum nonton sekilas aja ya saya ceritakan. Jadi di dalam cerita itu, ada seorang yang bernama Han Ji Pyeong, yang diperankan oleh Kim Seon Ho, seseorang yang sukses berkat kerja kerasnya. Sejak kecil ia rajin belajar dan sudah mengenal saham. Oleh karena itu di usia mudanya ia sudah menjadi direktur di  perusahaan sendiri. Memiliki apartemen yang dilengkapi dengan perlengkapan yang auto pilot, tinggal panggil aja semua bisa AUTO ON! 🙂
Di season 1 episode 6, menit ke 35-an, ada percakapan seperti ini antara han Ji Pyeong dengan asisten pribadinya :

Han Ji Pyeong : Yeong-Sil, nyalakan lampu.
Yeong Sil : Ya baik.
Han Ji Pyeong : APa? Ada apa denganmu? Tumben kau paham perintahku. Aku menjadi merasa bersalah.
Yeong Sil : Tak perlu merasa bersalah kepadaku.

Kira-kira seperti itu percakapan mereka. Pokoknya percakapan ini ada setiap Han Ji Pyeong di apartemennya. Gak cuma bisa menyalakan segala perangkat di apartemennya, kerennya lagi Han Jipyeong malah bisa berkonsultasi dengan si Yeong-Sil itu hihiii 😀 Makanya saya jadi pengen beli Bardi Smart Home 😀 

Gak, bukan buat konsultasi sih hahaa.., tapi saya naksir semua perangkat bisa auto ON sesuai keinginannya ituu 🙂

Wait.. wait, Bardi Smart Home, apa tuh? 🙂

Bardi Smart Home
Han Ji Pyeong bisa berkomunikasi dengan perangkat elektronik di rumahnya (Doc : tentangsinopsis)
Kediaman Han Ji Pyeong
Kediaman Han Ji Pyeong

Wait.. Wait.., apa hubungannya nih, drakor Start Up dengan Bardi? Nah, gara-gara nonton drakor Start Up itu saya jadi membayangkan, seandainya rumah saya seperti itu pastinya saya happy banget ya, layaknya punya asisten pribadi yang siap sedia 24 jam kemanapun saya butuhkan, kayaknya hidup jadi lebih mudah. Semua peralatan rumah tangga dan perangkat elektronik bisa terintegrasi melalui sebuah sistem. 

Coba teman-teman lihat video berikut ini deh.

Daftar Isi

Bardi Smart Home

Video diatas sekilas menggambarkan semua peralatan rumah tangga mulai dari CCTV di rumah, lampu, toaster dan semua peralatan elektronik rumah tangga bisa kita kendalikan melalui sebuah smartphone. Keren deh. Dan itu semua memungkinkan dengan memakai sebuah brand namanya Bardi Smart Home. 

Kalian sudah pernah dengar? 

Gara-gara kepo dengan video itu, saya jadi kepo juga buka-buka websitenya Bardi deh. Jadi bukan cuma di TV aja perangkat yang bisa kayak gitu, tapi beneran adaaa 🙂

Searching-searching websitenya, pilih-pilih barang, so, akhirnya saya jadi memesan ketiga barang di bawah ini deh.

Bardi Smart Home
Bardi Smart Home

Apa saja sih yang saya beli?

  1. Lampu Smart Light Bulb
  2. Infrared Remote Control (Smart IR Remote)
  3. CCTV (Smart Indoor Static IP Camera)
Produk Unggulan Bardi
Produk Unggulan Bardi - Doc: bardi.co.id

Eh iya, saya beli ketiga barang tersebut di Bardi Shop Online. Selanjutnya akan saya review dan unboxing ya. Sebelum di review, wajib install aplikasi Bardi Smart Home di Android bisa scan barcode yang ada di buku manual, atau langsung search Bardi Smart Home di Play Store, jika sudah di install maka kamu sudah bisa setup semua produk Bardi. Oiya, jangan lupa untuk register dan menyiapkan kode verifikasi yang dikirimkan ke email, setelah berhasil, kamu bisa login ke smartphone yang ingin digunakan untuk mengatur semua produk Bardi.

SMART BULB 9W – RGBWW (Rp. 115.000)

Bardi Smart Home
Foto SMART BULB 9W – RGBWW - Doc: Pribadi

Jujur saja waktu memutuskan beli lampu ini, saya membayangkan lampunya bisa hidup sendiri tanpa saya nyalakan dari saklarnya. Kayak Han Ji Pyeong gitu 🙂 Maksudnya saat saya masuk rumah, ke kamar, eh lampunya bisa nyala gitu 🙂 Bagaimana dengan Bardi Smart bulb ini ya? 🙂

Saat saya unboxing Bardi smart bulb ini, boxnya sangat bagus dan compact, terlihat lampu sangat aman, waktu di keluarkan kamu akan mendapatkan 1 buku manual dan lampu yang lebih berat dari lampu pada umumnya.

Untuk install sangat mudah kok, kuncinya adalah melakukan reset pertama kali waktu di minta dari aplikasi Bardi Smart Home.

  1. Siapkan buku manual yang ada dalam kemasan Bardi Smart Home
  2. Buka aplikasi Bardi Smart Home di Smartphone kamu
  3. Pilih Add Device dengan klik tanda + 
  4. Pilih Smart Bulb 9W – RGBWW
  5. Pastikan modem WIFI kamu support 2.4 Ghz, jika sampai 5 Ghz, silahkan buka manual untuk mengubah ke 2.4 Ghz (tenang saja, mayoritas modem WIFI yang ada di Indonesia 2.4 Ghz)
  6. Masukkan password WIFI
  7. Lakukan reset Bardi Smart Bulb dengan mengikuti step by step sampai lampu blinking secara cepat
  8. Ikuti step by step untuk koneksikan ke Aplikasi Bardi Smart Home

Tips : Buat yang sudah pernah setup lampu Bardi tentunya sudah tahu triknya agar lampu bisa langsung terkoneksi dengan aplikasi Bardi Smart Home, namun jika kamu baru pertama kali setup Bardi Smart Bulb, saya sarankan jangan langsung pasang di plafon rumah, tapi pasang di tempat yang dekat dengan modem WIFI dan mudah untuk di lepas/pasang, jika nanti sudah di setup baru di pasang di plafon rumah.

Bardi Smart Home 76
Foto step by step setup 01 - Doc: Pribadi
Bardi Smart Home
Foto step by step setup 02 - Doc: Pribadi

Testimoni dan Review Bardi Smart BULB 9W

Setelah menggunakan Bardi Smart Bulb selama 1 minggu, saya merasa bahwa lampu ini sangat keren, karena bisa menyesuaikan dengan kebutuhan saya tanpa perlu mengganti lampu atau berpindah ruangan.

Lampu bisa di terangkan dan redupkan, jadi tidak perlu lampu tidur bahkan saat ini lampu tidur yang saya miliki sudah di museumkan sehingga bisa berhemat listrik. Lampu juga bisa diubah warnanya dari putih ke kuning, jadi bisa di sesuaikan saat saya ingin membaca buku, tidur, istirahat sehingga nyaman untuk mata saya. Selain manual, ternyata Bardi Smart Bulb juga memiliki fitur auto, jadi bisa di pilih di menu Scene dan Music, tingkat terang, warna lampu menyesuaikan dengan apa yang dipilih pada aplikasi. Dan kemarin waktu anak saya Rissa menghidupkan dan mematikan lampu ternyata stop kontak rusak, jadi lampu hidup terus, ternyata di aplikasi ada fitur On/Off, jadi lampu bisa di hidupkan dan di matikan dari aplikasi sambil menunggu tukang listrik datang ke rumah.

IR REMOTE 10M – BLK (Rp. 160.000)

Bardi Smart Home
Foto IR REMOTE 10M – BLK - Doc: Pribadi

Waktu memilih produk ini, harapan saya bisa menggantikan semua remote yang ada di rumah bahkan sampai remote mobil kalau perlu ^^

Pertama kali membuka box Smart IR Remote ini, saya melihat bedak cushion yang hilang beberapa tahun yang lalu ^^ karena bentuk dan feelnya sama seperti bedak cushion ^^ Di dalam box ada 1 unit IR Remote, buku manual, kabel USB tipe Micro dan Kepala Charger yang semuanya berwarna hitam.

Waktu setup IR Remote ini saya hanya butuh waktu 2 menit

  1. Siapkan buku manual yang ada dalam kemasan IR Remote
  2. Buka aplikasi Bardi Smart Home di Smartphone kamu
  3. Pilih Add Device dengan klik tanda + 
  4. Pilih IR Remote
  5. Pastikan modem WIFI kamu support 2.4 Ghz, jika sampai 5 Ghz, silahkan buka manual untuk mengubah ke 2.4 Ghz (tenang saja, mayoritas modem WIFI yang ada di Indonesia 2.4 Ghz)
  6. Masukkan password WIFI
  7. Lakukan reset Bardi IR Remote dengan mengikuti step by step sampai lampu biru blinking secara cepat
  8. Ikuti step by step untuk koneksikan ke Aplikasi Bardi Smart Home

Tips : Kamu bisa meletakkan IR Remote di dekat alat yang mau kamu gantikan remote controlnya, karena jaraknya max 10 meter.

Bardi Smart Home 76
Foto step by step install 01 - Doc: Pribadi

Testimoni dan Review Bardi IR Remote 10M

Setelah menggunakan Bardi IR Remote selama 1 minggu, jujur saya jadi makin mager, karena biasanya untuk mengganti TV, channel di TV Box sampai Kipas Angin saya menggunakan beberapa remote control, ini semua bisa dilakukan via smartphone.

Untuk remote control biasanya di “rajai” oleh anak-anak terutama Narend yang selalu mengantongi remote control dan Rissa yang suka banting-banting dan melempar remote, alhasil beberapa tombol remote tidak bisa di tekan dan terkadang saya harus melepas pasang battery hanya untuk mengurangi volume TV. Sekarang dengan posisi mager di tempat tidur, saya bisa mematikan TV, TV Box dan AC sekaligus. Dan yang terpenting, sekarang saya sudah bisa mengurangi dan menambah volume TV yang sebelumnya tidak bisa saya lakukan dengan remote TV saya yang rusak.

IP CAMERA IDR – IPC – STC (Rp. 330.000)

BARDI SMART HOME
Foto IP CAMERA IDR – IPC – STC - Doc: Pribadi

Waktu melihat IP Camera ini tidak terlalu banyak harapan saya, karena IP Camera yang saya miliki sebelumnya, standar lah, paling hanya bisa melihat scene yang muncul di IR Camera.

Di dalam box IP Camera ini terdapat 1 unit IP Camera, buku manual, kabel USB tipe Micro dan kepala Charger berwarna putih. IP Camera sangat ringan dengan leher kamera yang sangat tipis, ternyata leher kamera ini fleksibel jadi bisa di gerakan sesuai sudut kemiringan yang kita inginkan, yang menarik selain ada slot kartu memory dibagian samping, ada tombol reset dan speaker, hm.. jujur ini pertama kali saya kali saya melihat di IP Camera terdapat speaker.

Untuk setup IP Camera ini hanya butuh waktu 2-3  menit sama seperti IR Remote.

  1. Siapkan buku manual yang ada dalam kemasan IP Camera
  2. Buka aplikasi Bardi Smart Home di Smartphone kamu
  3. Pilih Add Device dengan klik tanda + 
  4. Pilih IP Camera Indoor Static
  5. Pastikan modem WIFI kamu support 2.4 Ghz, jika sampai 5 Ghz, silahkan buka manual untuk mengubah ke 2.4 Ghz (tenang saja, mayoritas modem WIFI yang ada di Indonesia 2.4 Ghz)
  6. Masukkan password WIFI
  7. Lakukan reset Bardi IP Camera dengan mengikuti step by step sampai lampu oranye blinking secara cepat
  8. Akan muncul QR Code di Smartphone, posisikan IP Camera ke arah QR Code untuk melakukan scanning, beberapa saat akan terdengar bunyi DING
  9. Ikuti step by step untuk koneksikan ke Aplikasi Bardi Smart Home

Tips : Kabel USB yang didapatkan memang cukup pendek, jadi jika tidak ada colokan listrik dekat modem kamu bisa menggunakan power bank dan usahakan setup dilakukan di ruangan yang cukup terang

Bardi Smart Home 77
Foto step by step 01 - Doc: Pribadi
Bardi Smart Home 77
Foto step by step 02 - Doc: Pribadi

Testimoni dan Review Bardi IP Camera

Setelah menggunakan Bardi IP Camera selama 1 minggu, sangat menolong sekali, bahwa menurut saya, ini bukan IP Camera, namun sebuah CCTV. Bahkan beberapa fitur yang ada di IP Camera ini melebihi CCTV.

Gambar yang dihasilkan berbeda dengan IP Camera pada umumnya yang terbatas pada koneksi sehingga hanya menghasilkan kualitas SD. Namun Bardi IP Camera bisa menghasilkan gambar kualitas HD. Untuk fitur screenshoot, video recording sama seperti IP Camera pada umumnya, namun pada Bardi IP Camera terdapat fitur Microphone dan Speaker, jadi kita bisa mendengarkan suara yang ada di sekitar IP Camera sekaligus, kita juga bisa berbicara dan suara kita akan di teruskan pada speaker yang ada pada IP Camera. Selain itu ada fitur Playback yang bisa diputar jika kamu memasang memory card dan kerennya, kamu bisa setup cloud storage untuk menyimpan hasil rekaman video jadi data rekaman sangat aman. 

Selain itu, fitur yang sangat keren lain adalah Detection Alarm, dimana kamu bisa setup motion detection pada jam tertentu, jadi jika ada pergerakan pada jam tertentu yang tidak biasa, misalnya motion detection di set jam 00:00 – 06:00 dan ada orang yang masuk ke dalam area video IR Camera, akan tertangkap dan ada notfikasi ke smartphone kamu. Bisa di takut-takutin dengan berbicara langsung melalui microphone ataupun di rekam sebagai bukti tidak kejahatan.

Kesimpulan

Dari ketiga produk di atas mulai dari Smart Bulb, IR Remote dan IP Camera cukup menarik karena bisa di operasikan via smartphone. Teruta,ma yang IP Camera nih, karena kan saya sering banget keluar rumah untuk beraktivitas, apalagi di masa pandemi seperti sekarang, rumah sering kosong, dengan memiliki IP Camera seperti ini, saya jadi bisa memantau rumah atau bisa memantau aktivitas anak-anak di rumah, perasaan saya juga jadi tenang dan aman.

Saya jadi ingin membeli produk Bardi yang lain seperti Portable Plug 16A, Smart Wall Socket, Lightwall Switch sampai On Off Breaker. Karena kita bisa setup barang-barang di rumah secara smart, mulai menghidupkan toaster berisi roti, menghidupkan coffee maker dan mematikan AC otomatis pada jam 6 pagi dan semua bisa di integrasikan melalui smartphone.

Menurut saya ini menarik sih Bardi Smart Home ini and penting dimiliki buat yang suka rempong, atau sibuk, sampai matikan lampu aja gak sempat di kamarnya 🙂 atau buat yang pengen multitasking, mau nyalakan toaster tapi mau sambil mandi misalnya, karena harus buru-buru berangkat ke kantor atau tempat aktivitas. Tinggal klik dari aplikasi aja, done selesai! 🙂

Memang banyak banget produk yang ditawarkan oleh Bardi Smart Home, namun saya belum melihat ada WIFI Extender di lini produk Bardi, karena WIFI Extender sangat dibutuhkan saat ini, terutama untuk rumah 2 lantai. 

Harapan saya ke depan, makin banyak produk-produk yang di tawarkan serta diskon bagi orang-orang yang membeli produk Bardi sebagai solusi total di rumahnya.

Kalau kalian udah pernah coba Bardi Smart Home juga belum? Boleh dong share di kolom komentar, produk apa yang sudah kalian beli 🙂

Kalau kalian mau beli produknya Bardi juga sudah ada di beberapa e-commerce, salah satunya di Lazada.

Semoga sharing saya bisa bermanfaat ya.

Makasih banyak buat kalian yang sudah membaca artikel saya sampai selesai 🙂

Lazada Bardi Smart Home
Lazada Bardi Smart Home

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *