Ini Rahasia SEO Artikel di IDN Times

Annyeongha SEO

Sebagai blogger atau content creator, kayaknya udah jadi rahasia umum ya, setiap artikel yang kita tulis maunya sih nangkring terus di halaman satu Google. Sebenarnya gak sulit sih. Kuncinya satu sih, harus ramah SEO, keyword, dsb. Nah, webinar yang saya ikuti beberapa waktu lalu bersama IDN Times, membahas rahasia yang dilakukan oleh SEO Specialistnya nih, gimana caranya supaya artikel kita bisa terindex di halaman satu google.

Apa saja sih yang dikerjakan oleh SEO Specialist IDN Times?

Nara sumbernya adalah mba Septi Riyani Maulida, beliau adalah SEO Specialist IDN Times dari tahun 2019 sampai sekarang. Mungkin overall sama ya dengan SEO Specialist lainnya. Saya pribadi kurang paham sih, tapi yang pasti SEO Specialist IDN Times akan melakukan hal-hal berikut :

  1. Selalu update berita terkini, berita viral, dan berita berpotensi viral
  2. Analisa kompetitor
  3. Riset organic keyword
  4. Optimasi artikel IDN Times supaya berada di peringkat pertama halaman Google
  5. Bekerja sama dengan editorial untuk produksi artikel terbaik
  6. Bekerja sama antar produk IDN Media
  7. Bekerja sama dengan AE (sales) untuk menjual artikel brand (rekomendasi)

Baca Juga : Blogwalking Tidak Selamanya Memberikan Manfaat Positif

Apa itu SEO?

SEO adalah sebuah tindakan yang dilakukan untuk mengoptimalkan sebuah website, supaya artikel berada di peringkat pertama search engine seperti Google.

Syarat utama supaya artikel kita muncul di page on, sebisa mungkin kita membuat artikel yang berguna untuk orang banyak, misalnya tutorial, DIY, tips, dsb. Jadi yang sifatnya organik.

SEO = organic, evergreen, long term

Jadi kalau kita membuat artikel yang seperti itu, kemungkinan return visitornya akan balik lagi ke blog kita, akan sering mampir ke blog kita. Karena ada sesuatu yang bermanfaat yang dibaca orang lain dari blog kita. Begitu relevansinya.

Baca Juga : 5 Hal Yang Blogger Wajib Tau Tentang SEO

Perbedaan Artikel SEO dan Artikel Iklan Berbayar

Dulu saya berpikir, pokoknya artikel yang muncul di halaman 1 Google, pasti itu artikel SEO. Ternyata bukan, bisa jadi itu adalah artikel berbayar (pasang iklan). Kalau pasang iklan sudah otomatis nangkring di halaman satu Google.

Nah, menurut mba Septi, gak semua artikel yang muncul di halaman 1 pasti adalah itu artikel SEO. Ada juga lho yang namanya artikel iklan (berbayar). Perbedaannya ada kata-kata Ad di depan judulnya.

Perhatikan gambar di bawah ini.

Annyeongha SEO - IDN Times

Nah, semua artikel yang muncul di halaman satu tersebut adalah semua artikel yang berbayar. Jadi pastikan kita bisa membedakan mana yang benar-benar real SEO, mana yang tidak.

Siapa Saja Yang Memakai Tehnik SEO?

Menurut mba Septi hampir semua industri memakai tehnik SEO. Karena semua berlomba-lomba supaya websitenya ada di halaman satu Google.

Apa saja sih itu?

  1. Ecommerce
  2. Media Online
  3. Blogger
  4. Vlogger
  5. Brand
  6. Pebisnis Online
  7. dsb

Sudah jelas ya sekarang makin banyak yang sudah harus paham yang namanya tehnik SEO. Sayapun juga sedang mempelajari tehnik-tehnik penulisan SEO yang baik dan benar seperti apa.

Manfaat Penulisan SEO Untuk Penulisan

Manfaat kita menerapkan tehnik SEO di setiap tulisan kita, otomatis dengan sendirinya banyak pembaca yang mampir ke blog kita (mendatangkan traffic). Lalu orang-orang sudah mulai suka dengan tulisan kita kemudian terpengaruh dengan tulisan kita. Akibatnya bisa mendatangkan bisnis penjualan.

Makanya banyak manfaatnya ya kita belajar tehnik penulisan SEO.

Annyeongha SEO - IDN Times

Cara Menerapkan Tehnik Penulisan SEO di Media Online

Mba Septi membagi rahasia dapur dari IDN Times nih, gimana caranya bisa muncul artikel kita di halaman satu seperti IDN Times.

  1. Membuat artikel dengan kualitas bagus, baik dari sisi tata bahasa, keterkaitan dengan kalimat, dsb.
  2. SEO bisa digunakan untuk artikel hard news atau breaking news.
  3. Posisikan diri kita sebagai pembaca, enak atau tidak ya artikel kita bila dibaca dengan orang lain? Dengan begini informasi yang diberikan pasti lengkap dan informatif.
  4. Artikel dibuat secara listicle.

Nah, masih banyak tips lainnya dari mba Septi yang akan saya bagikan. Tungguin ya, akan saya update lagi ya.

One Response

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *