1190476.jpg

INI RAHASIA ALIFAH RATU UNTUK DAPETIN 100.000 SUBSCRIBER DI YOUTUBE

Jujur aja waktu sebelum artikel ini dibuat, bahwa saya gak kepikiran untuk sharing apa yang saya dapat kemarin di acara class workshop bersama Female Daily di acara JakartaXBeauty (JXB). Terlebih lagi banyak juga yang DM kepada saya untuk menuliskan hasil workshop saya. Lalu saya berpikir daripada saya jawab satu persatu hasil DM teman-teman, lebih baik hasil workshopnya saya sharing di blog aja ya, supaya ilmunya juga tidak menguap begitu saja 😊
Tentang Workshop JakartaXBeauty
Oke, saya mau cerita sedikit tentang JXB ini dulu. Jadi JXB ini adalah sebuah event kecantikan terbesar di Jakarta sebagai reward special untuk para beauty enthusiast di Indonesia. Disini kamu bisa dapat banyak ilmu dari para expertnya melalui belasan workshop, ikut make up class bersama MUA sampai meet and greet influencers favorit kamu. Gak hanya itu aja, tapi disini juga ada beauty fair dari beberapa brand. Mulai dari yang local sampai Internasional juga ada. Lengkap banget! JXB ini sudah pernah digelar tahun 2017 lalu bertempat yang sama juga di Senayan City. JXB ini katanya adalah event terbesarnya Female Daily sepanjang sejarah. Nanti kalau kalian kepo, kamu bisa lihat di Youtube channelnya dia ya. Di websitenya juga ada ding 😋
Nah, mengulang kesuksesan tahun sebelumnya, tahun 2018 ini kembali digelar dengan rundown dan pola yang sama. Nah, karena saya juga baru tahu dan paham, jadi baru tahun ini deh ikutnya. Dulu sempat terdengar JXB itu apa sih? Kok heboh banget orang-orang bahasnya? Nah, tahun inilah saya alhamdulillah bisa berkesempatan untuk ikutan.

Ikutan Master Class Apa?

Terus di JXB ini juga ada 2 kelas yang bisa diikuti reguler atau master class. 
What’s the different?
Jadi secara dari namanya aja udah beda ya 😋 yang satu reguler dan satu lagi master class. Saya agak-agak lupa juga, setahu saya kemarin ada 3 tingkatan tiket, 50ribu (HTM) no goodie bags, 150ribu (reguler) goodie bags dan 3 days pass dan 300ribu (master class, goodie bags, snacks, 3 days pass). 
Awalnya waktu saya kasih lihat ke suami, saya mau ikutan workshop ini, dia malah nyuruhnya saya ikutan make up class 😋 lha wong saya gak mau jadi MUA, everything can be learned on Youtube kok 😋 I’d just want to be focus in Youtube, and social media. 
Tadinya juga saya mau ikutan kelasnya Lizzie Parra tanggal 28 April. Entah kenapa saya juga lupa, saya gak bisa dateng deh tgl 28 April itu. Itu juga kan hari kerja ya, secara itu lokasinya di Senayan City, sayapun males banget dateng kesana kalau hari Jumat. Takut saya gak bisa pulang 😀 Iya kalau ada event, job offering di hari Jumat saya suka berpikir 2x lipat untuk hadir. Kecuali memang benar-benar worth to come, baru saya ke Jakarta 😊
Kata orang kan, for to be expert, you have to learn 1000 hours. Pesan dari mas Tuhu Nugara kemarin di acara Bloggerday 2018, syarat supaya bisa survive in 5 years later, you have to join of any workshop. Dan di paid workshop ini adalah sebagai langkah awal saya melaksanakan pesan daripada mas Tuhu 😉
So, dari semuanya, I choose workshop Instagram and Youtube. Yes, saya ambil 2 workshop master class.
Workshop I
Youtube for Beginners: โ€œLearning the technicals, creating good content, how to monetizeโ€ with Alifah Ratu Saelynda & Youtube


Saya mau cerita singkat dulu alasan saya memilih workshop ini ya.


Untuk workshop ini adalah perkenalan Youtube untuk para Vlogger beginners. Kalau dibilang beginners, saya bukan pemain baru juga di dunia Youtube. Bukannya sombong atau bangga, justru ini buka aib 😁 saya itu punya channel Youtube dari dulu saya memutuskan ngeblog, which is sekitar tahun 2008-2009 deh. Namanya juga masih alay, caroline21fun, ini sama dengan alamat email saya di yahoo, sama dengan ID chat saya di Yahoo Messenger. Dulu bukannya mau alay-alayan namanya, tadinya mau agak-agak kece gitu namanya, ingin menggambarkan saya orangnya fun. Yaudah akhirnya saya buat caroline21fun (artinya saya orangnya fun dan akun ini dibuat pada saat saya usia 21 tahun) 😁

Kemudian terlantar dan baru tahun 2016 saya bangkit lagi untuk cakepin channel saya 😁

Saya datang ke lokasi pukul 11.30. Tadinya saya mau ikutan kelas reguler dulu (Master Class saya pukul 12.30), jam 12.30 juga ada event sama pentingnya. Cuma karena bawaan barang saya banyak banget (saya bawa laptop dan kamera plus perintilannya seperti gorilla pod dan microphone), dan juga saya lihat kondisinya gak mungkin saya bolak-balik turun naik lift secara itu PENUH BANGET YAAA. Mulai dari yang panitianya turun naik, dicampur pengunjung mall, plus calon peserta master class juga. Jadi yaudah saya gak jadi ikutan reguler class. Jadinya saya malag buka laptop di lantai i itu untuk kerja (editing video) 😁

Acara dimulai pukul 13.00, agak ngaret dari jadwal. Acara dibuka dengan perkenalan singkat dari profilenya Alifah Ratu.

Tentang Alifah Ratu

Sebelum saya masuk ke materi workshopnya, saya mau cerita dulu alasan saya memilih ikutan workshopnya Alifah Ratu (biasa dipanggil Ratu).

Jadi sebenernya saya bukan fansnya Ratu sih, saya cuma sering nonton videonya aja di Youtube. Ini juga ketemu channelnya Ratu gara-gara saya lagi butuh info tentang jerawat, terus channelnya Ratu yang tentang jerawat muncul di timeline saya. Saya klik, lalu saya tonton 1 videonya. Terus lama kelamaan saya jadi ngikutin deh videonya dia.

Videonya dia apa adanya banget. Syuting juga bukan pakai background atau di studio khusus, tapi di rumah aja. Memanfaatkan peralatan yang ia punya. Ohya, kamu kudu tonton channelnya dia yang cerita gajian dari Youtube itu. Sampai dapat award Platinum dari Youtube. Ajegilee deh. Sayapun nontonnya juga bareng suami. Diapun ternganga-nganga gak percaya. Nah dari situlah saya keterusan nonton videonya Ratu sampai sekarang.

Lalu Ratu juga mulai sering jadi nara sumber di beberapa acara talkshow. Seperti kemarin di acara JFFF di MKG. Jadi udah jadi seleb deh sekarang 😁

Jadi di September 2016 Ratu itu awalnya membuat channel Youtubenya karena keisengan semata. Gak ada kepikiran untuk monetize atau apapun. Trus dia juga rutin banget bikin konten di Youtube.

Nah, sempat suatu waktu dia bikin 1 buah video yang sangat-sangat viral, yaitu Make Up Wisuda for Acne Skin. Jadi make up untuk wisuda tapi khusus untuk yang punya kulit wajah jerawatan. Dia bikin before afternya. Itu keliatan banget. Dia bikin covernya sebagus mungkin supara orang mau nonton and klik. Nah sejak video itulah dia jadi viral. Sehingga per Juni 2017 susbcribernya mencapai 100K 😁👍

Dia juga awalnya gak ngeh kalau susbscribernya bisa mencapai segitu. Dia selalu bikin apa aja hal-hal simple di akunnya. Segala DIY, honest reviewlah, dsb. Dan ternyata dengan segala kepolosan dan kesederhanaan dia dalam mereview itulah orang jadi banyak yang kepo and ingin tahu lebih banyak tentang Ratu.

Bahkan saat saya memposting foto saya berdua dengan Ratu ada beberapa orang yang komentar bahwa banyak juga yang sering menonton akun youtubenya dan bikang suka dengan Ratu, dengan segala kesederhanaannya dia, apa adanya dia 😊

Beberapa materi yang dipelajari di workshop ini adalah :
01 Cara membuat video beauty
02 Cara membuat Youtube Channel
03 Cara mendapatkan uang dari Youtube
04 Tips and trick to grow a Youtube Channel ala Ratu

01 Cara Membuat Video Beauty

Membuat video beauty itu berbeda dengan niche lainnya. Beauty itu peralatannya banyak 😁

Nah, alat yang dibutuhkan diantaranya :
1. Kamera
2. Lighting
3. Tripod
4. Background
5. Memory Card
6. Microphone

01 Kamera

Ratu bilang kamera yang bagus menjadi penentu hasil video kita bagus atau tidaknya. Tapipun bila belum punya kamera juga gak apa-apa. Pakai aja yang kita punya. Kalau gak punya kamera, dia menyarankan bisa memakai smartphone Iphone. Kenapa? Karena so far kamera Iphone belum bisa tersaingi oleh brand lainnya katanya.

Kalau mau upgrade sedikit, untuk investasi, bisa beli kamera mirrorless, bisa pilih merk Sony A5100 yang harganya 7jutaan.

Lalu kalau mau upgrade lagi, bisa memakai DSLR. Saat ini kamera yang Ratu pakai untuk Vlognya adalah Canon 70D yang harganya 13juta.

Dulu juga awal-awal saya bikin video juga gak pakai kamera. Semua pake smartphone. Hasilnya bisa lihat sendiri di youtube saya. Ya hasilnya estede aja. Toh walaupun begitu saya masih bisa menghasilkan video kualitas 4K. Walaupun 4K nya gak beneran 😊 Nah, setelah udah punya cukup uang, barulah saya beli kamera untuk investasi.

02 Lighting

Tools lainnya yang tidak kalah penting adalah lighting. Tanpa lighting mustahil video kamu akan menjadi cantik dan bagus.

Salah satu cara untuk mengakali lighting  adalah kamu bisa shooting dengan menggunakan cahaya matahari. Cahaya matahari yang paling baik adalah antara jam 9 – 2 siang.

Kalau rumah atau lokasi shooting kamu ada jendela, bisa dimanfaatkan nih. Selain bisa untuk background, bisa juga untuk lighting.

Kalau mau upgrade sedikit, kamu bisa investasi membeli Ring Light.

Selanjutnya bahasan tripod sampai monetize akan saya share di artikel saya selanjutnya ya.

Tungguin yah part II nya 😊

30 Responses

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *