ASUS Chromebook, Solusi Anak Belajar Online

ASUS CHROMEBOOK

Laptop Chromebook. Hai semuanya, saya mau tanya deh, kalian pernah mendengar gak Laptop Chromebook sebelumnya? Saya yakin diantara kalian biasa mengenal sistem operasi Windows dan Mac, namun Chromebook? Hmmm, saya sendiri baru tahu laptop ini karena berawal dari rasa penasaran saya terhadap kata chromebook. Gara-gara saya melihat reviewnya di Youtube, kok bagus ya, kok sepertinya pas ya dengan kebutuhan anak yang di masa pandemi melakukan pembelajaran jarak jauh? Akhirnya saya browsing di google dan youtube, dapatlah tentang si Chromebook ini. Jadi secara garis besarnya, Chromebook ini adalah laptop dengan sistem operasi berbasis Chrome, seperti layaknya OS di smartphone tapi bisa kita operasikan dan dijalankan di laptop. Aplikasi apa saja yang bisa kita jalankan di smartphone, bisa kita jalankan di Chromebook ini. That’s why dinamakan Chromebook.

Table of Contents

Sejak dunia dari Desember 2019 mengalami pandemi Virus Corona dan mulai di Indonesia Maret 2020, Narend, anak saya, sudah start belajar online. Sudah tidak ada lagi yang namanya tatap muka, karena dari pusat melarang semua kegiatan tatap muka dan mulai PSBB di seluruh Indonesia. Semua tugas dan pertemuan dilakukan by online. Awalnya sih aneh, gak biasa, misuh-misuh, repot, bla..bla, and so on, pokoknya ribet! Gimana gak ribet, PR dari gurunya, dikirim by whatsapp, lalu setelah dikerjakan dikirim balik melalui whatsapp lagi.

Gak hanya itu, yang saya merasa repot kalau ada pelajaran PJOK (Olahraga), tugasnya praktek, trus divideokan, setelah itu hasil videonya dikirim by google drive, atau melalui Google Classroom. Atau pelajaran tematik yang tugasnya bernyanyi, nanti menyanyinya divideokan, lalu hasilnya diupload melalui Google Drive.

Selain itu, sesekali juga gurunya mengadakan tatap muka by online secara keseluruhan murid-muridnya melalui aplikasi Google Meet. Yang dimana aplikasi itu harus kita download terlebih dahulu di smartphone. Yang bikin repot bukan penggunaannya sih, tapi tidak semua orangtua memiliki smartphone yang spacenya mumpuni. Jadi untuk PJJ ini dibutuhkan install aplikasi Google Drive, Google Classroom, Google Hangout, Google Meet, WhatssApp,ย 

Begitu terus setiap harinya, dari senin hingga jumat.

Begitulah lika-liku suka dukanya PJJ ๐Ÿ™‚ย 

Overall setelah menjalani selama kurang lebih 6 bulan, dan hingga sampai saat ini hampir setahun, rasanya biasa aja tuh ๐Ÿ™‚ Malahan anak saya (Narend) jadi sangat terbiasa dengan sistem pembelajaran online ini ๐Ÿ™‚ Dan katanya malah lebih asyik belajar online aja ketimbang tatap muka bersama guru dan teman-temannya di sekolah ๐Ÿ™‚ Mungkin karena dari yang awalnya tidak setiap hari menggunakan smartphone, jadi setiap hari (pasti) menggunakan smartphone.

Namun ternyata smartphone memiliki beberapa kekurangan, karena biasanya Narend menggunakan smartphone sambil curi-curi waktu bermain game. Lalu di smartphone juga ada foto-foto atau dokumen saya, yang beberapa kali tidak sengaja di kirim ke grup bahkan gurunya ๐Ÿ™ Karena smartphone itu mobile, Narend jadi lebih sering menggunakan smartphone karena tidak bisa dibatasi penggunaannya. Karena itu saya dan suami mulai berpikir, untuk memberikan laptop untuk Narend sebagai pengganti smartphone.

Baca Juga : ASUS ROG 3, Overkill Buat Emak-Emak

Belajar Online
ASUS Chromebook for School From Home

Kenapa Narend Butuh Laptop?

Pertama, karena saya ingin Narend perlahan-lahan belajar bagaimana bisa mengoperasikan sebuah laptop, mulai dari open laptop, masuk ke halaman OS nya, buka aplikasi, mengetik di sebuah laptop, dsb. Jangan salah lho, hal-hal yang terlihat simple itu semua menjadi hal baru untuk anak-anak ๐Ÿ™‚ Hal yang dikira mudah menjadi hal yang sulit untuknya, karena itu belum pernah sama sekali ia lakukan.

Saya ingat banget dulu jaman saya masih di SMP, saya merasa gaptek banget dengan laptop. Oleh karena itu sebisa mungkin sedini mungkin, saya ingin mengenalkan teknologi kepada Narend. Karena memang laptop Chromebook ini layaknya sebuah smartphone, jadi aplikasi yang ia gunakan untuk sekolahnya bisa ia gunakan juga di chromebook, mulai dari Video call, voice call, dsb. Berbeda dengan laptop lainnya.

Kedua, saya dan suami ingin Narend bisa belajar bahasa Inggris, karena dengan menggunakan laptop dia jadi lebih sering tulisan dalam bahasa inggris.

Ketiga, supaya membatasi screening time Narend terhadap smartphone.

Keempat, mengurangi kerja mata yang dikarenakan terlalu sering melihat smartphone yang radiasi yang berbahaya untuk anak dan tulisan yang terlalu kecil untuk dibaca.ย 

Laptop ASUS Chromebook for Digital Learning

Saya sempat browsing-browsing soal Chromebook ini, Kebanyakan di internet laptop Asus, dan search di websitenya Asus, ada 4 tipe laptop asus chromebook yaitu :

  1. ASUS Chromebook C223NA
  2. ASUS Chromebook Flip C434TA
  3. ASUS Chromebook Flip C214MA dan
  4. ASUS Chromebook C204MA

Setelah menimbang-nimbang dan melihat spesifikasinya, akhirnya ada 1 laptop yang paling pas untuk kondisi Narend saat ini, yaitu laptop ASUS Chromebook C214.ย 

ASUS CHromebook
4 Tipe ASUS CHromebook
ASUS CHromebook
ASUS Chromebook C214

Ikutan Webinar IIDN dan ASUS

Karena saya butuh informasi tentang laptop Chromebook, teman ada yang bilang, Asus bekerjasama dengan komunitas IIDN (Ibu-Ibu Doyan Nulis) mengadakan webinar tentang Chromebook, langsung auto daftar deh, apalagi materinya pas banget dengan kebutuhan saya sekarang.

IIDN X ASUS Sustainable Growth with ASUS

Tema materi webinarnya adalah sustainable growth with Chromebook. Nara sumbernya ada 2 yaitu mas Rifan Fernando sebagai ASUS ID Commercial FAE dan Victor Asih sebagai Motivator dan juga IT Consultant.

Materi pertama dibawakan oleh mas Rifan Fernando menjelaskan tentang “Apa itu Chromebook”

ASUS Chromebook Sustainable groth with chromebook
Sustainable Growth with ASUS Chromebook

Chromebook itu adalah sebuah sistem operasi, sama seperti kita membuka browser chrome pada umumnya saja di smartphone. Cuma bedanya ini di laptop. Kalau kamu biasanya mengenal Windows OS dan Mac OS, Chromebook berdiri di Linux, Kenapa? Karena tidak mungkin browser chrome berdiri sendiri kan, makanya berdiri di Linux serta bisa install aplikasi di google playstore. Namun tidak semua aplikasi smartphone running di Chrome OS ini, namun semua aplikasi tablet bisa di jalankan semua di Chrome OS.

ASUS Chromebook Sustainable growth with chromebook
Sustainable Growth with ASUS Chromebook

Apa Kelebihan Chromebook?

Kelebihan Chromebook dibanding lainnya :

  1. Simple and Clean UI (User Interface)
    Berbeda dengan Windows, karena ini Chrome OS, untuk mengoperasikannya gak susah atau bingung, karena UI-nya simple dan mudah untuk dipelajari dan enaknya lagi bisa di customize sesuai kenginan kamu.

2. Green Computing
Karena base-nya adalah menjalankan sebuah browser, otomatis penggunaan baterainya lebih hemat, sama halnya dengan CPU dan Memory yang penggunaannya sangat kecil dan hanya terinstall aplikasi utama, tidak seperti versi Windows dan Mac yang terlalu banyak bloatware. Berbeda dengan laptop lainnya yang memang ditujukan untuk desain, editing video, dsb. Jadi bisa di golongkan sebagai green computing.

3. Centralize Apps
Jika Windows dan MAC kamu mendapatkan software tergantung dari software developernya, untuk Chromebook ini aplikasi hanya bisa didapatkan dari Playstore, jadi aman deh dari gangguan hacker atau shareware yang bisa mengambil data pribadi kamu.

Sustainaible Growth with ASUS Chromebook
Sustainable Growth with ASUS Chromebook

Selain kelebihan di atas, kekuatan utama dari Chromebook adalah Collaboration, Contohnya :

  1. Education Collaboration.
    Dari sisi pendidikan jika kamu menggunakan Google Classroom. Kolaborasi antara Guru, Murid dan Orangtua. Dimana guru bisa membuat kelas, sharing materi sekolah, memberikan tugas/ujian, submit tugas/ujian langsung, guru memberikan nilai dan ranking dan yang terpenting monitoring guru dan orangtua terhadap muridnya.

2. Professional Collaboration.
Dari sisi professional, dengan memanfaatkan Google Workspace. Sebelumnya kamu mengenalnya dengan G Suite, dimana dengan 1 account email kamu bisa mendapatkan Gmail, Kalender, Meet, Chat, Drive, Dokumen, Spreadsheet, Slide, Formulir, Sites dan banyak aplikasi dari Google, nah kerennya kamu bisa berkolaborasi antara member dengan semua aplikasi itu. Misalnya : Dari Gmail, kamu bisa invite online meeting dengan Google Meet, lalu saat chat dengan tim dengan mention serta sharing dokumen dengan Google Drive. Asiknya lagi, kamu tidak usah install yang namanya Ms Office, kamu bisa mendapatkan builtin Office Browser, jadi mau membua Word, Excel (Spreadsheet) dan Power Point (Slide) dari Google Workspace.

3. Always Sync.
Karena Chromebook ini sudah menganut Cloud Computing, selama ada akses internet, kamu bisa mengakses semua file kamu yang ada di Google Drive dan Google Photos kapan pun dan dimana pun. Jika kamu butuh bekerja offline, kamu bisa memilih fitur Offline Working dimana kamu bisa mendownload file menjadi file di chromebook kamu.

4. Auto Update.
Ini salah satu fitur keren yang cuma ada di Chromebook, dimana kamu bisa melakukan Auto Update semua aplikasi yang terinstall di Chromebook, jadi semua aplikasi yang kamu pakai, sudah otomatisย  versi latest dari developer software.

Sustainaible Growth with ASUS Chromebook
Sustainable Growth with ASUS Chromebook

Siapa Target Market Chromebook?

Untuk target marketnya dibagi menjadi 2 sesuai dengan segmentasinya, yaitu Education dan Professional. Untuk edukasi, umumnya diperuntukan untuk sekolah usia 7-12 tahun, apalagi saat Covid-19 sangat membutuhkan laptop untuk pelajaran jarak jauh. Sekarang kita berbicara untuk segementasi edukasi, menurut saya pertimbangan siswa/mahasiswa memilih laptop ini ada 3 yaitu :

  1. Harga yang kompetitif.
    Untuk anak sekolah dan mahasiswa, laptop tidak perlu terlalu mahal namun harganya cukup kompetitif, karena digunakan semasa belajar saja. Sehingga harga menjadi faktor pertama yang memutuskan laptop cocok atau tidak.

2. Proteksi pada laptop.
Umumnya, laptop ditangan anak-anak pasti deh pernah yang namanya kepentok atau terjatuh, jadi pastinya dicari laptop yang memiliki pelindung, baik itu bagian luar atau bagian dalam berupa rubber, yang gunanya melindungi laptop jika sampai mengalami jatuh atau kecelakaan, supaya tidak terlalu fatal kerusakannya.

3. Kemudahan untuk melakukan part replacement.
Memang sih tidak dilakukan sering-sering, namun hal ini juga menjadi pertimbangan dalam membeli laptop, misalnya penambahan memory, dsb.

ASUS Chromebook Segmentation
ASUS Chromebook for Students

Sedangkan untuk professional, biasanya digunakan lebih banyak pria daripada wanita, di usia 30-45 tahun. Dan biasanya Chromebook ini kegunaan utamanya dipakai untuk web browsing, yang kedua untuk entertainment seperti nonton film atau juga social media seperti youtube, instagram, dsb.

Biasanya digunakan di kantor ataupun di rumah. Pas banget nih yang sedang WFH ๐Ÿ™‚ ataupun businessman yang butuh mengakses laptop (online) dimana saja.

ASUS Chromebook Segmentation for professional
ASUS Chromebook for Professionals

Design Highlights

Berbeda dengan laptop pada umumnya, karena laptop ini di ciptakan untuk pengalaman belajar yang fun pada anak, maka Asus memberikan Chromebook Flip C214 sebanyak 7 kenyamanan plus keamanan extra dari laptop lainnya, seperti :

  1. Rubber Bumper
    2. Spill Resistant
    3. Easy to Grip
    4. Tamper Resistant
    5. Anti Stratch
    6. World-Facing Camera
    7. Built-In Stylus
ASUS Chromebook Flip C214
ASUS Chromebook Flip C214

Rubber Bumper

Asus memberikan bumper karet pada keempat ujung sudut laptop, sehingga goncangan yang terjadi pada laptop berkurang akibatnya mainboard tidak bergoncang cepat saat laptop digunakan dalam berbagai posisi (maklum anak-anak kan tidak seperti orang dewasa yang menggunakan laptop di meja), apalagi ada kemungkinan jatuh kan.

Rubber Bumper pada ASUS Chromebook
ASUS Chromebook Flip C214

Spill Resistent

Dengan adanya proteksi ini, maka jika sampai laptop ketumpahan air, terutama minuman/air panas sampai 66 derajat, maka laptop kamu ini masih aman. Bayangkan jika anak kamu sedang makan atau minum di depan laptop, trus ketumpahan deh laptopnya, kemungkinan hal ini terjadi, cukup besar kan, karena itu jika sampai ada proteksi ini, hidup kita sedikit lebih tenang.

Spill Resistant Keyboard Chromebook
ASUS Chromebook Flip C214

Easy to Grip

Asus memberikan pengaman berupa rubber safety grip dibagian bawah, jadi kejadian laptop jatuh karena licin bisa di antisipasi. Hal ini sangat penting, apalagi anak-anak sangat mudah lalai dalam membawa laptop.

Rubber Bumper Chromebook
Rubber Bumper Chromebook

Tamper Resistant

Kalau tadi ada yang namanya Spill Resistant, yang ini lebih ke arah tingkat keletihan orang dalam mengetik, karena jarak setiap tombol di keyboard di desain dan di ukur, agar tidak terjadi kelelehan, apalagi anak-anak kan masih dalam tahap belajar, sehingga akan mengetik secara tidak teratur.

Tamper Resistant Keyboard Chromebook
Tamper Resistant Keyboard Chromebook

Anti Scratch

Dengan memberikan durable 3D-textures finish pada cover laptop, efeknya jika kamu perhatikan finishing terlihat real berkesan 3D, jadi aman dari goresan dan sidik jari.

Anti Stratch Chromebook
Anti Stratch Chromebook

World Facing Camera

Dilengkapi dengan dual kamera, satu webcam normal, ditambah kamera khusus yang terletak di bagian sudut bawah keyboard. Posisi yang ideal untuk anak mudah mengaksesnya. Karena kan sekarang anak sudah harus familiar dengan video call atau Google Meet dsb, jadi pastinya lebih banyak membutuhkan akses kamera saat belajar onlinenya.

Military Grade Material

Bukan tidak mungkin yang namanya anak-anak luput akan kecelakaan-kecelakaan kecil seperti jatuh, kena tetesan air, dsb. Nah, ASUS Chromebook Flip C214 ini cukup tangguh karena sudah melalui uji tahan kelas militer MIL-STD 810G, artinya lulus tes kualitas ASUS yang ketat. Bisa menahan tetesan air, atau bahkan bila terjatuh dari ketinggian 120cm sekalipun. Sudah dilakukan uji port engsel dan I/O untuk penggunaan sehari-hari.

Military Grade ASUS Chromebook
Military Grade ASUS Chromebook

Flexibilitas Engsel Mode 360^

ASUS Chromebook C214 sangat flexibel, engselnya bisa diputar hingga 360 derajat, bisa dibuat tablet mode, stand mode, atau laptop mode. Jadi bikin nyaman saat dipakainya. Hal ini merupakah kebutuhan untuk anak-anak, contohnya saja Narend, dia sering membawa laptop saya dalam posisi tablet, jadi laptop chromebook ini cukup cocok.

Flexibility 360 Chromebook
ASUS Chromebook Flip C214

Baterai Tahan Hingga 11 jam

Biasanya kalau belajar online kan gak mungkin hanya 1 jam, anak saya Narendra aja kalau online minimal di rumah itu 2 jam. Itu hanya mengerjakan tugasnya aja ya, belum plus kirim report ke gurunya. Jadi laptop yang tahan lama penting banget deh. Laptop Chromebook C214 ini.ย 

Konektivitas

Dilengkapi dengan dual Band Wi-Fi. Ultra-fast WIFI, bisa transfer data 12x lebih cepat, dengan speed 1,734 Mbps.ย 

Dilengkapi dengan post Micro SD dan Audio Jack. Untuk port USB nya adalah 3.1 Gen 1 Type-A.

Support Power Delivery, bila baterai habis, bisa dicharge menggunakan powerbank.

Google One with 100GB of Storage

Bila membeli ASUS Chromebook Flip C214 ini sudah diberikan akses offline dan trial Google One selama 12 bulan, bisa dapat tambahan storage (kapasitas) di seluruh Gmail, Google Drive, dan Google Photos hingga 100GB.

Google Assistant

ASUS Chromebook Flip C214 juga dilengkapi dengan Google Assistant, jadi bisa memudahkan segala pekerjaan. Mulai dari kirim email, mencari dokumen, mendengarkan musik, akses ke kalendar, sampai mengontrol semua home device semua bisa dibantu dengan Google Assistant.

Display

Untuk desain keyboard, jarak antara tombol keyboard adalah 1,55 mm, jadi sangat nyaman untuk mengetik dan mengurangi tingkat typo (kesalahan pada ketikan).

Untuk layarnya touch screen 11,6 inchi HD 1366 x 768 dengan ukuran layar lebih besar dan mengalaman menonton lebih baik.

Soal processornya, ASUS Chromebook C214 didukung oleh Prosesor Intel Gemini Lake Dual-Core Celeron N4000, hingga 2,6 GHz untuk kinerja yang cepat dan cepat. ASUS Chromebook Flip C214 didukung dengan RAM 4GB LPDDR4, penyimpanan eMMC 32GB dan port 2x USB Type-C (Gen 1), 1 x Type-A (Gen 1) dan port kartu micro SD.

Beratnya adalah 1,2 kg.ย 

Dilengkapi dengan WIndows 10.

Untuk harga ASUS Chromebook Flip C214MA dikisaran Rp. 5.609.000,-.

Tabel Spesifikasi ASUS Chromebook C214

Berikut tabel spesifikasi dari ASUS Chromebook C214

Tabel Spesifikasi ASUS Chromebook C214
Tabel Spesifikasi ASUS Chromebook Flip C214

Overall saya pribadi seneng banget lihat laptop ini. Lihat dari tampilan eksteriornya, fiturnya, ketahanan baterai juga oke banget, karena terkadang untuk belajar online kan gak harus di rumah stay di meja belajar, tapi terkadang saya juga membebaskan anak belajar dimana saja, kalau misalnya anak mau belajar di meja makan, atau bahkan di luar rumah sekalipun (misalnya di coffee shop) dan jauh dari jangkauan colokan, laptop yang tahan lama seperti ini sangat membantu banget.

ASUS Chromebook C214 adalah laptop yang sangat special bagi saya, karena laptop yang sangat cocok untuk dunia pendidikan. Walaupun spesifikasinya masih terbilang cukup entry level, tapi untuk fiturnya hampir mendekati segmentasi untuk professional.

Kalau kalian ingin tahu lebih jauh tentang ASUS Chromebook Flip C214 ini, terutama untuk belajar online, kalian bisa langsung mengunjungi websitenya ASUS ya.ย 

Semoga review saya bisa bermanfaat ya ๐Ÿ™‚

Terima kasih yang sudah mampir ke artikel saya ๐Ÿ™‚

21 Responses

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *