CARA%2BPEMBUATAN%2BPASPOR.jpg

Cara Pembuatan Paspor (Mudah dan No Drama Antri Lama)

Udah beli tiket tapi belum punya paspor? Why Not? Yang penting beli tiket dulu, keep harga promonya, bikin paspor bisa 3 hari selesai. Baca pengalamanku ya.

Membuat passport sebenarnya sudah masuk dalam to do list kami tahun 2017, yang sebelumnya sudah diagendakan setahun sebelumnya 2016 tapi belum terlaksana juga. Akhirnya baru tahun 2017 kami memutuskan untuk membuat passport dengan menganggarkan biayanya saat suami terima THR.

Menganggap liburan masih lama, saya beranggapan, ahh nanti saja bikin paspornya, karena kan kami gak ingin liburan dalam waktu dekat ini? Tapi tiba-tiba saya melihat status atau komen (lupa tepatnya) mba Haya pernah bilang, bikinlah paspor dari jauh-jauh hari, someday kita ada rezeki atau ada tawaran pekerjaan atau rezeki, kita bisa selalu siap berangkat kapan saja. Gak hanya punya, tapi kita juga kudu punya paspor dalam keadaan aktif, bukan mati
Sebulan, dua bulan berlalu akhirnya tiba di penghujung tahun 2017, kami berencana ingin keluar negeri, tapi belum tahu kemana kami ingin pergi. Inginnya yang pertama didatangi salah satu negara ASEAN, setelah dilihat-lihat biaya liburan tidak terlalu mahal (jika dianggarkan), akhirnya kami sepakat ingin plesiran di 2018.

Akhirnya tibalah tawaran pekerjaan keluar negeri itu datang, saya harus berangkat segera ke negara jepang tetangga per periode Februari – Maret 2018. Nah disitulah saya baru panik, belum buat paspor tapi harus berangkat. Searching dan cari informasi tanya sana sini seputar pembuatan paspor, akhirnya baru per tanggal 24 Januari 2018 kemarin saya membuat paspor.

Ohya, saya membuatnya di Kanim Jakarta Timur ya, kebetulan banget, lokasinya gak jauh dari rumah, dan ada slot juga antrian bertiga untuk family.

Begini caranya membuat paspor (online)

1. Antri Online dan Registrasi

Antri online disini dibagi 2, ada yang bisa melalui antrian aplikasi Antrian Paspor, ada juga via WhatsApp. Tapi kalau via Whatsapp kudu tahu nomor WA masing-masing Kanim. Tapi kali ini saya memilih antri via aplikasi.

Pertama-tama kamu download dulu Antrian Paspor seperti dibawah ini lalu lakukan registrasi. Setau saya aplikasi ini bisa kamu dapatkan di Android. Kurang tahu juga kalau di iOs, karena saya bukan pengguna aktif iOs.

Saya pernah mencoba via whatsapp jawabannya seperti ini

Jadi buat yang mau mencoba via WA formatnya adalah : #NAMA#DDMMYY/TGL PEMBUATAN PASPOR

2. Setelah selesai, kamu bisa langsung memilih di Kantor Imigrasi mana saja (gak harus sesuai domisili), yang penting dapat nomor antrian. Turn On your GPS, karena nanti aplikasinya membaca lokasi kamu berada.


Terkadang kamu akan menemukan notifkasi bahwa quota telah penuh. Nah, disitu keimanan kamu diuji LOL, alias kamu jangan pernah berhenti mencoba dan mencoba. Misalnya kamu mencoba di Bekasi (dekat domisili rumah kamu) dan penuh, kamu bisa mencoba di Kanim lainnya, sampai dapat. Karena saya ini bikinnya untuk 3 paspor alias untuk family, jadinya dapetin tanggalnya agak sulit. Kalau sendiri sih masih fine-fine aja.

Ohya, tadi diatas saya bilang saya harus berangkat ke LN per pertengahan Februari kan, alhamdulillah sepertinya Allah sudah mengatur semuanya sedemikian rupa, saya dapat tanggal 24 Januari 2018 (jauh sebelum saya mendapat tawaran rejeki ini). Jadi judulnya saya beli tiket berangkat dan pulang terlebih dahulu baru saya buat paspor. Agak deg-deg ser sebenernya, karena ini serba mepet. Tapi yah udahlah, saya berdoa saja dalam hati semoga prosesnya gak berjalan lama dan bertele-tele.

3. Siapkan dokumen dan perlengkapan yang diperlukan, seperti :

Dewasa :

a. 1 lembar Fotokopi KK
b. 1 lembar Fotokopi KTP
c. 1 lembar Fotokopi Buku Nikah
d. 1 buah materai

Anak-anak :

a. 1 lembar fotokopi akte kelahiran
b. 1 buah materai

Kelengkapan lainnya yang harus disiapkan :

a. Dokumen asli dibawa saja takut kalau ada yang kurang bisa langsung difotokopi
b. Ballpoint hitam
c. Mainan dan cemilan favorit anak jika membuat paspor bersama dengan anak

Saya udah siap cemilan kita bertiga supaya Narend gak bete. Ke Imigrasi apa ke pantai banyak amat cemilannya? :p
Bodo ah. Yang penting anak gak cranky.

5. Isi Formulir

Saat sampai di Imigrasi, kamu harus mengisi form seperti ini. Karena saya 3 orang, saya harus mengisi 3 formulir (2 dewasa dan 1 anak-anak). Gunakanlah ballpoint hitam. Jika kelupaan bawa, di depan imigrasi juga ada yang jual kok.

Disini ada contoh pengisian formulir yang benar

Setelah selesai formulir tersebut bisa kamu langsung berikan ke loket.

Sambil menunggu suami yang mengantar formulirnya ke lantai atas, saya menunggu di bawah sambil menemani Narend.

Sambil menunggu panggilan, di lantai 1 ini ada mini playground, lumayanlah buat anak-anak bermain sambil menunggu interview.

6. Interview dan Perekaman Data

Setelah selesai data kamu sudah masuk, kamu sudah otomatis antri di bagian interview dan perekaman. Karena saya kebagian di Kanim Jakarta Timur, interview di lantai atas.

Untuk antrian interview ini kalau kamu ontime, dan gak ada masalah soal kelengkapan dokumen, cepet kok. Tapi kemarin karena suami saya kelewatan nomor antriannya, jadi agak menunggu sedikit.

Di sesi interview ini kamu nanti akan ditanya-tanya tujuan kamu membuat paspor apa, dan negara tujuan kamu kemana, ngapain, dsb. Sebatas itu aja.

7. Pembayaran

Setelah selesai semuanya, kamu bisa melakukan pembayaran. Jika kamu membayar hari itu juga, paspor akan diproses 3 hari kerja.

Catatan Penting :

1. Setelah kamu dapat tanggal yang ditentukan, dokumen yang disiapkan juga sudah ready 1 hari sebelumnya, pada saat hari H, datanglah 1 jam sebelumnya. Misalnya jadwal kamu jam 8 pagi, kamu harus datang jam 7 pagi. Karena jam antrian yang tertera itu benar-benar valid adanya. Jadi kalau kamu dapat antrian jam 8, jam 8 pagi teng kamu sudah berada di antrian. Karena per jamnya hanya diberikan slot 50 antrian kalau saya tidak salah.

2. Setelah kamu isi form, sebaiknya kamu pilah-pilah terlebih dahulu sebelum diberikan kepada petugas, supaya memudahkan mereka input datanya. Misalnya data kamu semua jadi 1 (KK, KTP, formulir, dll). Berikut juga dengan data anak.

3. Pastikan dokumen kamu lengkap semua.

4. Gak usah pakai calo-caloan, ngurus sendiri juga mudah kok. Bayarnya sama.

Setelah 3 hari kerja

Taraaa.. dan pasporku finally jadi, alhamdulillah. Ternyata beneran 3 hari jadi, awalnya saya ketar-ketir banget kalau sampai molor gimana jadinya? Ternyata ontime.

So, buat temen-temen yang ingin berencana membuat paspor, sekarang sistemnya sudah by online semua, alias antrinya gak langsung melainkan by online. Bisa melalui Whatsapp atau aplikasi.

Biayanya kalau paspor biasa IDR 355ribu dan e-paspor adalah IDR 655ribu. Untuk perbedaan  bukunya sih gak ada. Kalau yang e-paspor bedanya di bagian belakangnya ada chip-nya, itu aja sih bedanya.

Semoga bermanfaat ya.

34 Responses

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *