1506937286555.jpg

Ini Cara Optimasi On-Page & Off-Page Yang Blogger Wajib Tahu

Belajar soal SEO emang gak ada habisnya ya. Bagiku belajar SEO itu selalu sexy! Karena SEO ada hubungannya dengan income. SEO ada hubungannya dengan performance blog/website, serta posisi ketenaran kita di mata Google. Aku pernah membahasnya soal SEO sebelumnya di blogku.

Belajar SEO gak bisa seperti proyeknya Roro Jonggrang atau sistem SKS kayak anak-anak kuliahan, yang belajar sehari semalam, wis kelar! Tapi belajar SEO itu perlu ketekunan, kedisplinan, pertahanan teguh (karena belajar SEO butuh fisik yang kuat) dan konsistensi.
Jadi intinya aku itu udah pernah belajar soal SEO, waktu itu diajari suami, tapi gak sampai keakar-akarnya sih, cuma kulitnya aja. Dan itupun aku totally pusing luar biasa. Merasa failed memahami SEO, kemudian aku belajar lagi dengan komunitas blogger. Tapi itu dulu banget, mungkin sekitar 3 tahun lalu deh. Dan kemudian sekarang aku lupa, karena gak pernah yang namanya praktekkin :))
So, untuk merecharge ilmu pengetahuan aku seputar SEO, untuk itulah aku memutuskan untuk ikut workshop SEO yang diadakan oleh Priceza Community ini.

Nara sumbernya hari itu adalah Aulia Naratama. Mas Aul mempelajari soal SEO sejak tahun 2008. Pengalaman 5 tahun dalam Digital Marketing Business. Pernah bekerja dengan berbagai perusahaan besar seperti Unilever, Toyota, Manulife, AIA dsb. Saat ini ia aktif sebagai Digital Marketing di Future Ready dan www.tukangsayur.co

What’s SEO?

SEO itu erat banget kaitannya dengan technical and copyright. Kalau dalam arti yang sebenarnya SEO adalah proses untuk meningkatkan visibilitas situs web atau blog kita di mesin pencari melalui pencarian organik. Yang namanya SEO itu gak bisa instan. Lalu berapa lama bisa optimal? Paling tidak sekitar 4-6 bulan, tentunya dengan keywords yang tidak terlalu tinggi. Lain hal dengan travel blog. Karena di dunia travel tingkat keywordsnya tinggi. Dan buat yang berada di halaman 1 – 5 adalah para pemain besar. Bagaimanapun caranya tetaplah Content Is The King.

Nah, di bawah ini ada beberapa step by step untuk menjalankan SEO :

1. Menentukan keyword yang tepat. 
Keyword yang tepat berarti mendapat traffic yang menjanjikan
2. Meta Data Optimization. 
Meta data salah satu hal yang terpenting dalam SEO.
3. Content Optimization. 
Konten ada triknya di SEO.
4. Offpage Optimization. 
Penyebaran link penting untuk Google. 
Nah, nanti sambil aku jelaskan di bawah ya.

Menentukan Keywords Yang Tepat
Dalam menentukan keywords, bisa memakai 3 tools, yaitu :
1. Keywords Research Tools
Resep itu adalah kewords yang paling disukai oleh google terutama pada saat puasa, hari kedua lebaran, saat lebaran. Jadi mas Aul berpesan, kalau mau menjelang puasa atau Lebaran, sebisa mungkin update bloglah yang sedang relevan dengan moment itu. Supaya bisa mendapatkan high traffic. 
3. Google adwords. Tapi ini agak sulit, harus buat account google dulu. Karena untuk iklan. https://adwords.google.com

Long Tail Keywords

Masih soal SEO. Kita akan mengklasifikasikan keywords.



Keywords Classification

Terdiri dari 4 komponen, yaitu :

1. Brand Name Keywords

Penting kita tahu point ke 1 ini, karena supaya blog atau website kita menang di list top 10 Google.

2. Product Association Keywords

Atau lebih dikenal dengan positioning. Blog kita mau dikenal sebagai blog apa? Beauty? Travel? Lifestyle? Anything.

3. General Keywords

Keywords yang general yang di-search oleh banyak orang. Bisa jadi long tail keywords yang panjang.

4. Brand or Opportunity Keywords

Keywords sesuai dengan trend. Misalnya saat ramadhan ada trend tersendiri seperti resep masakan.
Seperti contoh di bawah ini. Yaitu ada contoh yang diberikan mas Aul, yaitu website Priceza dan Rocking Mama.

Setelah sesi pertama, kami semua diminta untuk mengerjakan latihan.

Jadi kami semua diminta untuk mengerjakan Keyword Classification.

Nah, jawaban saya seperti ini



Meta Data Optimization

Meta Data adalah kata-kata atau deskripsi yang kita tulis untuk artikel kita. Biasanya lokasinya persis di bawah judul. Dan sebisa mungkin jumlah huruf untuk Meta Data ini tidak lebih dari 160 karakter. Supaya pada saat masuk ke Google, kalimatnya tidak terpotong. 

Content Optimization

Offpage Optimization

Offpage ini adanya backlink website atau blog kita di blog orang lain. Jadi semacam external link. Logika mudahnya, semakin banyak orang yang membicarakan kita, merekomendasikan blog kita, blog kita jadi well-known oleh Google. Semakin bagus juga blog kita di mata Google.

Nah, ini ada contoh penulisan di website Priceza, tentang review iPhone 8.

Analisa : Keywords atau anchor text yang dipakai adalah Iphone Terbaru, jadi lebih tertarget.

SEO Writting

Selanjutnya adalah tentang SEO Writting.


Step Yang Paling Penting Dalam SEO

1. Word Quantity
Jumlah kata yang disarankan minimal 500 kata

2. Keywords Repetitions

Pengulangan keywords minimal 1% dari keseluruhan jumlah kata.

3. Keywords Placing
Paling tidak keywords ada di bagian judul dan paragraf pertama

4. Keywords Synonym

Keywords synonym paling tidak ada sejumlah 1% dari total kata. Misalnya jumlah kata di artikel kita ada 500 kata, keywordsnya minimal harus ada 5.

5. Unique

Jangan pernah lakukan copy paste. Google paling suka dengan fresh content. Kamu bisa cek keaslian artikel kamu di http://www.plagiarismchecker.com/

Finally, ternyata waktu sudah menunjukkan pukul 3 siang, gak terasa banget belajar soal SEO ini, padahal dari pagi lho ini. Saking enjoynya saya dengan materi ini 🙂

Makasih banyak Priceza, sudah memfasilitasi para blogger untuk tahu banyak dan melek soal SEO. Kita jadi tahu memposisikan blog kita dimana, menentukan niche, menentukan keywords atau acnhor yang tepat. Supaya kita gak salah langkah dan bisa menaikkan level blog kita juga 🙂

21 Responses

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *