Belajar SEO gak bisa seperti proyeknya Roro Jonggrang atau sistem SKS kayak anak-anak kuliahan, yang belajar sehari semalam, wis kelar! Tapi belajar SEO itu perlu ketekunan, kedisplinan, pertahanan teguh (karena belajar SEO butuh fisik yang kuat) dan konsistensi.
Jadi intinya aku itu udah pernah belajar soal SEO, waktu itu diajari suami, tapi gak sampai keakar-akarnya sih, cuma kulitnya aja. Dan itupun aku totally pusing luar biasa. Merasa failed memahami SEO, kemudian aku belajar lagi dengan komunitas blogger. Tapi itu dulu banget, mungkin sekitar 3 tahun lalu deh. Dan kemudian sekarang aku lupa, karena gak pernah yang namanya praktekkin :))
So, untuk merecharge ilmu pengetahuan aku seputar SEO, untuk itulah aku memutuskan untuk ikut workshop SEO yang diadakan oleh
Priceza Community ini.
Nara sumbernya hari itu adalah Aulia Naratama. Mas Aul mempelajari soal SEO sejak tahun 2008. Pengalaman 5 tahun dalam Digital Marketing Business. Pernah bekerja dengan berbagai perusahaan besar seperti Unilever, Toyota, Manulife, AIA dsb. Saat ini ia aktif sebagai
Digital Marketing di Future Ready dan
www.tukangsayur.co
What’s SEO?
SEO itu erat banget kaitannya dengan technical and copyright. Kalau dalam arti yang sebenarnya SEO adalah proses untuk meningkatkan visibilitas situs web atau blog kita di mesin pencari melalui pencarian organik. Yang namanya SEO itu gak bisa instan. Lalu berapa lama bisa optimal? Paling tidak sekitar 4-6 bulan, tentunya dengan keywords yang tidak terlalu tinggi. Lain hal dengan travel blog. Karena di dunia travel tingkat keywordsnya tinggi. Dan buat yang berada di halaman 1 – 5 adalah para pemain besar. Bagaimanapun caranya tetaplah Content Is The King.
Nah, di bawah ini ada beberapa step by step untuk menjalankan SEO :
1. Menentukan keyword yang tepat.
Keyword yang tepat berarti mendapat traffic yang menjanjikan
2. Meta Data Optimization.
Meta data salah satu hal yang terpenting dalam SEO.
3. Content Optimization.
Konten ada triknya di SEO.
4. Offpage Optimization.
Penyebaran link penting untuk Google.
Nah, nanti sambil aku jelaskan di bawah ya.
Menentukan Keywords Yang Tepat
Dalam menentukan keywords, bisa memakai 3 tools, yaitu :
1. Keywords Research Tools
Resep itu adalah kewords yang paling disukai oleh google terutama pada saat puasa, hari kedua lebaran, saat lebaran. Jadi mas Aul berpesan, kalau mau menjelang puasa atau Lebaran, sebisa mungkin update bloglah yang sedang relevan dengan moment itu. Supaya bisa mendapatkan high traffic.
Long Tail Keywords
Masih soal SEO. Kita akan mengklasifikasikan keywords.
Keywords Classification
Terdiri dari 4 komponen, yaitu :
1. Brand Name Keywords
Penting kita tahu point ke 1 ini, karena supaya blog atau website kita menang di list top 10 Google.
2. Product Association Keywords
Atau lebih dikenal dengan positioning. Blog kita mau dikenal sebagai blog apa? Beauty? Travel? Lifestyle? Anything.
3. General Keywords
Keywords yang general yang di-search oleh banyak orang. Bisa jadi long tail keywords yang panjang.
4. Brand or Opportunity Keywords
Keywords sesuai dengan trend. Misalnya saat ramadhan ada trend tersendiri seperti resep masakan.
Seperti contoh di bawah ini. Yaitu ada contoh yang diberikan mas Aul, yaitu website Priceza dan Rocking Mama.
Setelah sesi pertama, kami semua diminta untuk mengerjakan latihan.
Jadi kami semua diminta untuk mengerjakan Keyword Classification.
Nah, jawaban saya seperti ini
Meta Data Optimization
Meta Data adalah kata-kata atau deskripsi yang kita tulis untuk artikel kita. Biasanya lokasinya persis di bawah judul. Dan sebisa mungkin jumlah huruf untuk Meta Data ini tidak lebih dari 160 karakter. Supaya pada saat masuk ke Google, kalimatnya tidak terpotong.
Content Optimization
Offpage Optimization
Offpage ini adanya backlink website atau blog kita di blog orang lain. Jadi semacam external link. Logika mudahnya, semakin banyak orang yang membicarakan kita, merekomendasikan blog kita, blog kita jadi well-known oleh Google. Semakin bagus juga blog kita di mata Google.
Nah, ini ada contoh penulisan di website Priceza, tentang review iPhone 8.
Analisa : Keywords atau anchor text yang dipakai adalah Iphone Terbaru, jadi lebih tertarget.
SEO Writting
Selanjutnya adalah tentang SEO Writting.
Step Yang Paling Penting Dalam SEO
1. Word Quantity
Jumlah kata yang disarankan minimal 500 kata
2. Keywords Repetitions
Pengulangan keywords minimal 1% dari keseluruhan jumlah kata.
3. Keywords Placing
Paling tidak keywords ada di bagian judul dan paragraf pertama
4. Keywords Synonym
Keywords synonym paling tidak ada sejumlah 1% dari total kata. Misalnya jumlah kata di artikel kita ada 500 kata, keywordsnya minimal harus ada 5.
5. Unique
Finally, ternyata waktu sudah menunjukkan pukul 3 siang, gak terasa banget belajar soal SEO ini, padahal dari pagi lho ini. Saking enjoynya saya dengan materi ini 🙂
Makasih banyak Priceza, sudah memfasilitasi para blogger untuk tahu banyak dan melek soal SEO. Kita jadi tahu memposisikan blog kita dimana, menentukan niche, menentukan keywords atau acnhor yang tepat. Supaya kita gak salah langkah dan bisa menaikkan level blog kita juga 🙂
Nambah lagi ilmu. 😀 Hehehehe
Langsung cek blog deh. 😀 Makasih ilmunya, Mbak Oline
Asyik, pagi-pagi langsung nambah ilmu dari baca blog ini. Thanks banget buat sharing ya Mba Oline!
Untuk kesekian kalinya aku nyatet hal tentang SEO, gak sabar buat praktek sebenanrnya. Tapi pengen pas diacara kayak gini, biar makin ngerti hehehe… Nyoba sendiri pusing sendiri soalnya. Hiks.
Makasih sharingnya mbak, akupun lagi terus belajar. Dulu malas banget belajar soal SEO ini hehehe
Yayyy… thanks looot sharingnyaaa… semoga Priceza juga bikin acara serupa di Surabayaaaa
–bukanbocahbiasa(dot)com–
ah senangnya nambah ilmu..Thanks udah berbagi. kak olin ketemuan dong? kita ngopi2 sambil akoh mo menggali ilmu darimu 🙂
Wah bermanfaat banget Oline. Dah lama pingin belajar SEO
Makasi, Mbak udah sharing ilmunya. Jadi yang gak ikut acaranya juga bisa belajar 🙂
Udah baca, tapi sengaja aku bintangin buat dibaca ulang nanti.
Ga cukup sekali baca buat paham bener-bener.
Thank you artikelnya, Mba.
Off page paling simpel dan menambah umur panjang dan membuat hari bahagia.. silaturahmi alias BW 🙂 🙂
Aku pengen belajar SEO juga, baca ini jadi ada gambaran neh.
Pengen bgt deh ikit acara kayak gini, nambah ilmu bgt ttg seo
Waaaa nambah ilmu baru. Tapi jujur soal SEO ini aku masih agak ndableg hahaha, lebih suka mainan fb ads dibanding pusing mikirin SEO T_T
Bener, belajar SEO sptnya ga ada habisnya hahaha. Aku ya msh banyak harus dimengertiin soal SEO ini. Seru bgt kl bs ikutan workshopnya mah 😀
Asyik nambah ilmu mba Oline. Wah aku belum pernah ngisi meta description nih.
makasih sharingnya, nambah lagi ilmunya nih, hehhehe… mau di share dong sambil praktekin gitu
Asiiikkk nambah lagi ilmunya. Tapi aku asli beneran mumet mba sama SEO. Pdhl udh banyak baca2 info juga.
Wah ini info baru buat aku mba, dan jg ttg SEO mskipun sdh pernah baca2 tp ttep bkin pusing.. Hhe
aku selalu ga mampu belajar SEO, otaknya udah ga mau mikir 😀
Tandain dulu deh artikel ini biar bisa dibaca di waktu yang bener-bener santai biar ilmunya masuk 🙂
Tfs mbak Oline!
aku kayaknya perlu ikutan kelas SEO ini juga.