Asus ROG Phone 3, Overkill Buat Emak-Emak

Header ROG Phone 3

Asus ROG Phone 3 adalah smartphone gaming tercanggih di dunia saat ini, yang mana di bekali prosessor tercepat dan terkuat Qualcomm® Snapdragon ™ 865 Plus 5G, tidak hanya itu layar 144 Hz dan baterai super besar 6000mAh plus fitur AirTrigger 3 membuat smartphone gaming ini sebagai sebuah mahakarya. Loh kok emak-emak seperti saya, tiba-tiba ngomongin sebuah masterpiece dari Asus ini?

Sebagai seorang ibu dari 2 anak, Narend yang berusia 6+ tahun dan Rissa yang berusia 1+ tahun, membuat saya harus extra. Dalam artian bisa memberikan perhatian yang seimbang, karena sering kali waktu saya memeluk Narend, eh Rissa tiba-tiba menangis, waktu saya lepas pelukan ke Narend, langsung Rissa menuju ke saya untuk minta di gendong #AnehTapiNyata , tidak hanya itu, karena sekarang SFH (baca: School From Home), setiap hari dari jam 9-11 siang saya harus mendampingi Narend mengerjakan tugas dan mempelajari materi pelajaran SD kelas 1.

Table of Contents

Emak-emak pakai smartphone untuk apa sih ?

Jika kamu berfikir sebagai seorang ibu rumah tangga, saya jarang menggunakan smartphone, well you’re wrong, why is that? Mulai bangun pagi saya sudah dibangunkan oleh dering alarm smartphone, sedangkan untuk  sholat Shubuh sampai Isya, smartphone saya otomatis akan reminder sesuai jadwal sholat. Setelah itu di smartphone saya melihat pending task kerjaan apa saja yang belum sempat di kerjakan kemarin, daftar belanjaan tukang sayur sampai menu makanan pagi dan malam.

Untuk menentukan mau masak apa, saya menggunakan aplikasi smartphone untuk mendapatkan resep masakan yang sudah teruji. Usai masak, biasanya saya membangunkan anak-anak untuk mandi dan sarapan. Dan untuk SFH Narend, smartphone menjadi hal yang wajib dari melihat tugas hari ini, membuat video aktivitas sampai mem-foto hasil tugas Narend dan pastinya di kirimkan ke guru.

Usai Rissa dan Narend tidur, saya sudah di sibukkan oleh pekerjaan saya sebagai seorang blogger mulai dari menulis draft artikel, foto produk endorse, menulis caption social media, editing video untuk di upload sampai melakukan blogwalking.

Saya biasanya lagi-lagi diingatkan oleh reminder alarm untuk membangunkan anak-anak yang tidur jika saya terlelap dengan pekerjaan. Terkadang jika malas makan buatan sendiri, pesen makanan via ojek online dari aplikasi di smartphone.

Saat nyuapin Rissa. Saya dan suami, sering kali mengajak Rissa untuk belajar menyanyi menggunakan smartphone, enaknya banyak sekali pilihan lagu yang ada di internet. Saat malam sebelum tidur, saya selalu mencatat pending task untuk esok hari dan pastinya membuka perkembangan kinerja reksadana dan saham yang saya miliki.

Aplikasi Smartphone yang dipakai oleh Emak-emak

Setelah mengetahui apa saja yang dilakukan oleh saya selaku emak-emak, sekarang saya akan menjelaskan aplikasi yang saya install di smartphone. Penasaran?

  • Untuk urusan memasak
    Setiap hari, sebagai ibu rumah tangga pastinya butuh memasak masakan yang berbeda, karena jika setiap hari selalu sama, maka keluarga akan bosan. Karena itu saya di tuntut untuk lebih kreatif dalam memasak. Aplikasi yang bisa menampung kebutuhan saya adalah Cookpad dan Yummy App
  • Sekolah SD Narend
    Karena masih SD, pola pembelajaran lebih mengisi modul di buku tematik yang tugasnya di taruh di Google Classroom lalu di upload di Google Drive, selain itu untuk karena tatap muka tidak diperbolehkan maka setiap minggu tatap muka virtual dengan Google Meet, terkadang saking tidak ada tugas guru, Narend mengerjakan tugas di Ruang Guru
  • Webinar
    Saat masa pandami ini, aktivitas bertemu orang dibatasi dengan adanya PSBB, hal ini mengakibatkan banyak event offline dibatalkan. Untuk mengatasi hal ini, semua event di pindahkan menjadi online via webinar. Saya pribadi sebagai seorang emak-emak yang butuh update, sering sekali mengikuti webinar yang berhubungan dengan parenting, travelling, financial sampai launching produk. Aplikasi yang digunakan pun bervariasi tergantung pihak penyelenggara seperti yang lagi naik daun sekarang Zoom. Selain itu ada juga Google Meet, Ms Teams, Webex sampai Youtube Live.
  • Social Media
    Sebagai seorang emak-emak, saya juga biasa mengupdate kehidupan sosial saya sehari-hari dan berinteraksi dengan teman-teman melalui komentar di Facebook, posting foto serta berinteraksi dengan follower di Instagram dan posting status yang lagi trending di Twitter
  • Untuk urusan Photo dan Video Editing
    Sering request dari client, menuntut saya untuk membuat photo yang di upload di Instagram ataupun blogpost dengan aplikasi Picsart, Phonto, Canva sedangkan untuk urusan video yang di posting di Instagram, Instastory dan Youtube sering kali malas menggunakan laptop, jadi saya menggunakan InShoot dan Kinemaster untuk mengedit.
  • Aplikasi Rissa
    Beda Rissa, beda Narend. Karena sudah tidak ada sekolah tata muka di SVP Bekasi, jadi saya harus lihai men-stimulasi perkembangan Rissa, mulai dari memperkenalkan lagu-lagu baru di Youtube Kids, berinteraksi dengan smartphone melalui Pinkfong sampai belajar agama Islam dari aplikasi Nussa & Friend.
  • Financial
    Karena di daulat sebagai menteri keuangan (keluarga) maka saya harus bisa memaksimalkan uang yang ada pada saya, sehingga bisa berkenalan dengan berbagai aplikasi financial untuk Reksadana dan Saham seperti Bibit, Bareksa, Ipot Pay, Ipot, Ajaib sampai Koin Works

Ini nih kebiasaan emak-emak pakai smartphone sehari-hari

Mulai bangun pagi hari saya membuka pagi saya dengan reminder aplikasi Muslim Pro sesuai dengan jadwal sholat Shubuh yang dikombinasikan bunyi ringtone dari aplikasi Alarm jika saya masih terlelap.  Usai shubuh saya lanjutkan membaca pending task di aplikasi Notes. Karena masih pagi, krucil belum bangun, jadi saya sempatkan untuk edit foto dengan aplikasi Picsart sekaligus render video di Kinemaster (pas dapet kerjaan bikin video), usai edit foto langsung deh buka Instagram untuk menyiapkan caption untuk upload IG Feeds pagi hari.

Selesai dengan Instagram, saya meluangkan sekitar 10-15 menit untuk membuka aplikasi financial, karena saya dan suami bukan tipe yang menaruh telur dalam 1 keranjang jadi kami invest di beberapa platform financial seperti Bibit, Bareksa, Ipot Pay, Ajaib sampai Koin Works. Kalau kamu penasaran, coba deh download aplikasi itu. Tak lama kemudian, saya membuka aplikasi Cookpad atau Yummy tergantung kebutuhan, buat emak-emak yang biasa mencari inspirasi resep masakan tentu sudah mengetahui aplikasi ini, yup setelah menyusun menu masakan, baru menyiapkan daftar belanjaan tukang sayur (untuk masak esok hari), nah untuk pagi ini sudah saya siapkan bahan masakan dan menunya kemarin.

Setelah masak, barulah saya membangunkan anak-anak sekaligus membuka Whatsup dari guru SD Narend sekaligus Google Classroom, setelah sarapan, barulah saya mulai mengajar Narend dengan melihat tugas yang diberikan guru SD pada Google Drive dan terkadang melakukan tatap muka di Google Meet, jadi lumayan menguras batere buat video call sekitar 1 jam (selain menguras quota internet). Usai makan siang dan sholat Dzuhur, sekitar jam 13:00 – 16:00 waktunya bobo berjamaah Narend dan Rissa. Lumayan lah, waktu 2-3 jam saat mereka tidur saya  tunaikan tugas saya sebagai blogger, jadi saya pasti menggunakan aplikasi Blogger for Mobile dan WordPress for Mobile, alasannya karena saya lebih suka menulis di smartphone ketimbang di laptop (kalau untuk update link, upload foto barulah menggunakan laptop). Selain itu saya juga biasanya mengupdate caption untuk social media seperti Facebook, Twitter dan pastinya Instagram. Baru yang terakhir, saya melakukan blogwalking ke beberapa blog teman-teman blogger via Firefox atau Google Chrome.

Untuk malam hari, saya dan suami biasanya tidak makan makanan pagi/siang, jadi kami selalu makan di luar atau delivery online, nah enaknya sekarang sudah ada Gojek dan Grab jadi tinggal search makanan favorit atau yang lagi promo, karena itu sering deh buka 2 aplikasi itu, trus ganti-gantian nyari makanannya yang pastinya lebih terjangkau.

Nah kebiasaan saya sebelum tidur selain sholat Isya, saya selalu checklist pending task yang sudah di lakukan dan yang akan dilakukan esok hari menggunakan aplikasi Notes. Setelah itu barulah saya menikmati film Korea terbaru di Viu atau holywood di Netflix.

Sebelum menuju ke ROG Phone 3, buat kamu yang pingin tahu tentang ROG Phone 2, bisa baca artikel saya sebelumnya.

BACA JUGA : Saya Bukan Gamer, Tapi Saya Butuh ROG Phone 2, Tanya Kenapa ?

Spesifikasi Resmi Asus ROG Phone 3 (di Indonesia)

Setiap negara memiliki spesifikasi yang berbeda, di Indonesia sendiri ROG Phone 3 launching dengan 2 varian yaitu RAM 8 GB dengan kapasitas penyimpanan 128 GB dan versi tertinggi RAM 12 GB dengan kapasitas penyimpanan 256 GB, untuk harga bisa di lihat dibagian bawah. Nah sekarang kita menuju ke bagian spesifikasi.

Specs ROG Phone 3
Full spek dari ROG Phone 3 - Doc: gsmarena.com

Dari spek diatas mungkin kamu masih sulit membayangkan, nah saya coba uraikan lebih detail point utama dari spek diatas.

Qualcomm® Snapdragon 865 Plus 5G Mobile Platform

Di website qualcomm sendiri, ditulis bahwa processor ini memberikan performance yang sangat cepat sehingga bisa memberikan kecepatan dan efisiensi yang top markotop, superior gameplay berkat Kryo 585 CPU yang bisa improve performance sampai 10%, support 5G sehingga saat Indonesia sudah unlock 5G bisa menggunakan speed internet sampai 7.5 Gbps, ultra intuitive generasi ke-5 dari AI Engine dengan Hexagon Tensor Accelerator, game-changing WIFI 6 upto 3.6 Gbps dan yang paling keren full feature dari qualcomm snapdragon elite gaming.

Qualcomm Snapdragon Logo
Ultra-smooth gaming

Bekerjasama dengan pembuat game yang memungkinkan mobile game mencapai 144 fps sehingga kita bisa menikmati game dengan kualitas terbaik dan grafis yang smooth tidak patah-patah dengan mengurangi glitch pada game.

Jadi saat kamu bermain game yang berat seperti Asphalt 9, PUBG, Godfire, Modern Combat 5 bisa menggunakan grafis tertinggi smooth extreme.

Highest HDR Quality

Dengan adanya Qualcomm Adreno HDR memungkinkan game yang berat dilakukan proses blending lebih cepat 2x lipat. Tidak hanya itu, bahkan sekarang sudah bisa menggunakan True 10-bit HDR serta peningkatan warna, saturasi, tingkat ketajaman grafis dengan GameColorPlus 2.0

Desktop-level features

Yang membedakan PC dan smartphone selama ini adalah graphic card di PC bisa di upgrade sehingga grafis yang dihasilkan bisa terus di upgrade. Nah fitur update driver GPU sekarang juga dimiliki oleh snapdragon sehingga performance GPU akan selalu update plus adanya Adreno 650 yang memungkinkan kita bisa menikmati detail grafis yang sempurna.

AirTrigger 3

Yang paling menarik dari ROG Phone dari versi 1-3 diciptakan feature Built for Gamers yaitu AirTrigger. Feature ini diciptakan untuk memudahkan gamer dalam bermain, dengan menggunakan konsep sensor gerak dari gyroscope dan sentuhan pada ROG Phone. Misalnya :

Tap – Tap dibagian kiri/kanan atas untuk mensimulasikan sentuhan pada layar

Air Trigger - Tap
Air Trigger - Tap - Doc: asus.com

Dual Partition Buttons – Dengan menyentuh bagian pinggir dan ke samping atas kiri/kanan untuk mensimulasikan tombol L1/L2 (sebelah kiri) dan tombol R1/R2 (sebelah kanan)

Air Trigger - Dual Partition Buttons
Air Trigger - Tap - Doc: asus.com
Built For Gamers

Banyak sekali produsen yang memberikan spek hardware yang tinggi, namun mengklaim gaming phone, padahal gamer tidak hanya butuh hal itu, namun banyak sektor lain seperti komunitas gamer, seberapa custom smartphone, koneksi yang stabil, speaker dan microphone yang mumpuni, kenyamanan memegang smartphone sampai feel dari gaming phone yang membedakan dengan flagship phone. Dibawah ini menurut saya adalah komitmen Asus untuk Gamer yang membuat ROG Phone 3 di daulat (bahasa jadul nih) sebagai gaming phone terbaik nomor 1 di dunia.

ROG Connect

Jika kita berbicara gaming, tentunya saat menyelesaikan game, ada kebanggaan tersendiri, sehingga kita mau share hal itu kepada orang lain, jika share ke teman-teman saja tidak cukup, sekarang kamu punya ROG Connect, jadi bisa share achievement game record kamu.

rog connect
ROG Connect - Doc: asus.com
Game Genie

Kalau kamu punya jin dari lampu ajaib yang bisa mengabulkan 3 permintaan kamu, apa yang akan kami minta? Di Asus ROG Phone 3 ini juga ada jin, bedanya jin ini super canggih, aplikasi Game Genie ini memungkinkan kamu mengecekan temperatur, mengubah profile X Mode, mematikan telp, bahkan sampai merekam momen kamu saat mengalahkan musuh dan bos, jadi setiap momen tidak akan ada yang miss.

Game Genie
Game Genie - Doc: asus.com
HyperFusion Antenna

Dulu saya pernah bermimpi smartphone bisa otomatis memilih koneksi yang stabil antara GSM dan WIFI jadi gak pernah tiba-tiba data ble’e, namun always on. Di Asus ROG Phone 3, sekarang sudah support 5G dan WIFI 6, dan dengan adanya 4 antena memanfaatkan teknologi hyperfusion bisa memaksimalkan potensi WIFI 6.

HyperFusion - Doc: asus.com
Quad-Microphone System

Komunikasi dalam bermain game sangat penting, terutama jika kamu sedang bermain game dalam 1 team. Terkadang waktu berbicara, apa yang kita katakan tidak dapat terdengar dengan jelas, karena itu Asus memberikan noise-canceling quad-array yang memungkinkan suara yang masuk ke mic tak akan ada noise dan jelas sebening air putih.

Quad-Microphone System - Doc: asus.com
Aura RGB

Keren adalah kata yang paling pas untuk smartphone yang waktu di lihat beneran keren karena bisa kita custom, di Asus ROG Phone 3, diperkenalkan yang namanya Aura RGB, dimana logo belakang ROG bisa berganti warna secara random atau manual sesuai suasana hati kamu.

Aura RGB - Doc: asus.com

Feature Asus ROG Phone 3 (yang membantu emak-emak)

Dari spek di atas kamu secara garus besar kamu mengatahui kelebihan dari ROG Phone 3, memang sih banyak sekali feature yang super keren buat gamer, buat saya tidak semua feature itu bisa di maksimalkan, namun saya akan listing beberapa feature yang membuat seorang emak-emak seperti saya menjadi super emak. Penasaran ?

6.59″ Amoled Display 144 Hz dan Touch Latency 25ms

Dengan adanya layar Amoled, maka konsumsi baterai sangat rendah, tampilan yang cukup rendah dan pastinya lebih responsive, jika smartphone flagship mentok di 120 Hz, untuk ROG Phone 3 mencapai 144 Hz. Belum lagi touch latency yang mencapai 25ms.

Itu artinya jika saya gunakan smartphone untuk editing video maka video yang saya lihat sama seperti aslinya, dan jika berbicara tentang Narend dan Rissa, waktu Narend belajar pun menjadi lebih aman, karena mata jadi tidak lelah karena menggunakan layar Amoled serta display 144 Hz dan saat digunakan untuk belajar, layar sentuh akan lebih responsive apalagi jika sedang ada kuis atau ulangan mingguan yang butuh respon sangat cepat. Dan untuk Rissa yang belum berusia 2 tahun, saya jadi tidak kawatir memperlihatkan youtube untuk belajar lagu-lagu baru.

Berarti, saya bisa mengajar Narend lebih lama, lebih nyaman dan lebih fokus, serta aman untuk Rissa.

Layar Amoled
Tak cuma Super, smartphone ini tergolong Hyper Amoled - Doc: asus.com
X Mode

Saya percaya setiap orang memiliki kebutuhan masing-masing akan aplikasi yang mau dijalankan di smartphone, sayangnya saat ini kita hanya “menerima” saja, dengan X Mode di ROG Phone 3, kita bisa tweak (baca: tuning) smartphone kita sesuai kebutuhan sama halnya PC.

Jika mau melakukan render video di InShoot dan Kinemaster settingan di ubah ke max GPU. Jika mau membuka aplikasi yang banyak  bergantian namun hemat batere bisa mengurangi optimalisasi di CPU dan GPU agar batere bisa awet. Bahkan jika smartphone mau dipakai terus menonton tugas di Google Drive atau tatap muka online via Google Meet, bisa monitoring suhu dari smartphone untuk memastikan tidak kepanasan. Melalui X Mode, selain kita bisa menyesuaikan sistem di Game Genie, kita bahkan bisa mengubah tampilan, touch screen setting sampai mengatur whitelist aplikasi yang bisa mengakses jaringan dan enaknya kamu bisa save sebagai Profile, jadi lagi butuh GPU ubah ke profile GPU, butuh CPU ubah ke profile CPU.

Berarti, saya bisa melakukan banyak hal secara multitasking sesuai kodrat wanita yaitu multitasking. Saat masak, buka aplikasi cookpad, nunggu numis sambil update caption social media bahkan waktu nyuapin anak sambil editing video di Kinemaster.

x-mode
X MODE di ROG Phone 3 - Doc: asus.com
Battery Monster 6000 mAh

Kata suami saya yang suka bermain game, “Kapasitas baterai yang besar bisa menjadi faktor penentu kemenangan”, saya agak bingung juga kenapa bisa begitu toh juga tinggal charge aja kan baterai langsung terisi, setelah di jelaskan masuk akal juga.

Penjelasan dari suami, saat bermain game, tampilan baterai tidak akan terlihat, jadi baru akan terlihat waktu baterai mencapai 20%, buat yang lagi seriusan bermain game ini adalah hal yang fatal karena waktu baterai mencapai 20% CPU dan GPU akan turun secara dramatis gradual sehingga games akan patah-patah dan slow response, jika itu terjadi, semua yang kamu persiapkan bisa hilang seketika, worst case game over. Hm, make sense.

Buat emak-emak, kapasitas baterai yang super besar ini, berarti more fun. Pernah gak perhatiin, waktu download film di Netflix, di sambi nonton drakor di Viu, baterai smartphone turun pelan-pelan 1% setiap 1 menit, bayangin 100% turun 100 menit, mana enak nonton drakor putus kan, namanya juga emak-emak drakor. Nah kita bisa mematikan menggunakan control battery custom feature yang mau di disable apa saja.

Berarti, saya bisa nonton drakor sampai selesai bahkan lanjut episode selanjutnya.

Battery Mode
Battery Mode yang bisa menghemat battery kamu sampai 67% - Doc: asus.com
Side-Mounted Port

Seorang gamer pasti punya yang namanya posisi tangan yang sakral, jadi posisi memegang smartphone yang mager, udah enak banget, apalagi sekarang ada aksesori joystick yang dipasang di smartphone. Bayangkan jika terpaksa kamu harus charge smartphone, kalau pakai joystick kamu harus copot, ok lah setelah di copot lalu di pasang kabel USB, enak gak buat mainnya? Atau kamu mau menunggu selesai charge baru lanjut main lagi?

Kondisi ini sering sekali di alami suami, alhasil jarinya yang gede itu bakal berdekatan dengan kabel USB, dan tidak lama kemudian game over. Pada Asus ROG Phone 3, suami gak akan tuh yang namanya kehilangan moment, walaupun di pasang kabel USB untuk charge smartphone, karena ada yang namanya Side Mounted Port.

Berarti, untuk saya, bisa memudahkan saat smartphone baterai mau habis namun harus kejar setoran ngajar Narend dan terkadang sampai Google Meet, bisa pasang kabel USB dan gak bikin smartphone jatuh karena kabel USB di pasang di bagian bawah.

side mount port
Bikin main game jadi gak mengubah play style - Doc: asus.com

Harga Resmi

Buat kamu yang mulai tertarik untuk membeli, dibawah adalah harga resmi yang dikeluarkan oleh Asus Indonesia. Untuk dibeberapa online shop favorit kamu mungkin ada sedikit perbedaan harga.

Rp. 9.999.000 (RAM 8 GB, Kapasitas Penyimpanan 128 GB)

Rp. 14.999.000 (RAM 12 GB, Kapasitas Penyimpanan 256 GB)

Kesimpulan

Sebagai emak-emak, feature yang dimiliki oleh Asus ROG Phone 3 ini mulai dari processor Qualcomm® Snapdragon ™ 865 Plus 5G versi terbaru yang memberikan peningkatan CPU dan GPU berlipat dari versi sebelumnya, layar AMOLED 144 Hz yang memberikan gambar yang jelas dan lebih responsif dari smartphone flagship, battery monster yang super besar 6000 mAh membuat tidak perlu bawa kabel charger dan powerbank waktu keluar rumah sampai fitur yang di khususkan untuk gamer seperti AirTrigger 3, WIFI 6, super charging, side-mounted port bahkan sampai aksesori khusus gamers yang di sediakan oleh Asus, buat emak-emak memang terbilang overkill karena semua hal yang sebelumnya tidak bisa dilakukan sekaligus seperti download film Netflix sambil nonton drakor di Viu atau sambil masak melihat aplikasi Cookpad, render video di Kinemaster sambil ngajarin anak dengan melihat materi di Google Driver sekaligus video call guru SD dengan Google Meet sampai multitasking aplikasi di smartphone untuk bolak-balik Instagram, Netflix, Whatsup, Telegram, Youtube, Notes tanpa lag sama sekali, dan yang terakhir yang saya sukai adalah X Mode yang memungkinkan saya mengubah profile performance smartphone sesuai dengan kebutuhan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *