ASUS Zenbook 14 UM425, Laptop Premium ASUS Yang Harganya Dibawah 20juta

Kalau bicara laptop ASUS, mungkin yang ada di benak kalian, hah, ASUS ngeluarin laptop terbaru lagi? Inovasi apalagi yang terbaru sekarang? Hohoo… tenaaang, sayapun juga berpikir demikian ๐Ÿ™‚ Tapi yang namanya laptop baru pasti ada inovasi baru juga kan ya? Nah, di postingan saya kali ini, saya akan membahas laptop terbaru dari asus, yaitu ASUS Zenbook 14 UM425.ย  Dari judulnya udah jelas dong, ini laptop yang premium tapi harganya 20juta? Serius nih? Pasti tipu-tipu nih, judulnya klik bait! ๐Ÿ™‚

So, daripada bertanya-tanya bener atau gaknya, baca artikel saya sampai selesai dulu ya.

Product Segmentation of ASUS

Jadi sejak tahun 2013, ASUS selalu menghadirkan lini laptop premiumnya yaitu Zenbook. Kalian tahu kan produk ASUS itu ada varian Zenbook dan Vivobok? Kalau ASUS Vivobook, adalah jajaran laptop yang ditujukan untuk market mulai dari low end, mainstream, sampai ke high end. Sedangkan Zenbook ditujukan untuk pasar high end sampai premium.ย 

Jadi paham ya perbedaan segmentasinya. Bisa lihat dari tabel di bawah ini

Product Segmentation of ASUS

Nah, varian Zenbook 14 UM425 ini adalah termasuk bentuk yang classic (klasik), sekelas Vivobook, tapi tampil dengan desain yang lebih mewah dan memiliki bodi yang sangat ringkas.

ASUS Zenbook 14 UX425

Di lini Zenbook sebelumnya, sudah ada fitur Screenpad, tombol numeric virtual Numberpad, sampai sistem yang Ergolift.

Seperti di varian Zenbook lainnya, Ergolift adalah fitur yang membuat body utama Zenbook 14 UM425 terangkat dan membentuk sudut tiga derajat ketika sedang digunakan. Posisi tersebut membuat mengetik jadi lebih nyaman dan ergonomis, sekaligus meningkatkan performa pendingan berkat rongga udara ekstra yang diciptakan dari posisi body utama yang terangkat.

Desain Ergolift ASUS

Desain Zenbook 14 UM425

Zenbook 14 UM425 termasuk Zenbook Classic yaitu laptop yang ditujukan untuk pelajar sampai professional. Walaupun judulnya classic, desainnya simple tapi tetap elegan. Ya secara keseluruhan lini Zenbook Classic merupakan varian base model dengan desain mengacu pada Zenbook yang pertama kali diperkenalkan tujuh tahun lalu.

Elegan, mewah merupakan DNA Zenbook. Udah ciri khas banget pokoknya deh kalau Zenbook itu desainnya elegan. Kenapa? Karena bahannya dari alumunium Alloy yang dibentuk dengan desain diamond-cut yang sangat presisi, sehingga membuat bodynya terlihat lebih mewah serta memiliki kesan premium yang kuat.

Layarnya 14 inchi. Walaupun begitu, laptop ini memiliki bentuk yang sangat ringkas dan menyerupai laptop 13 inchi pada umumnya.ย 

Pokoknya kalau lihat sekilas benar-benar bukan seperti laptop 14 inchi deh ๐Ÿ™‚

Kok bisa begitu?

Teknologi NanoEdge Display jawabannya. Teknologi ini sudah cukup lama digunakan oleh ASUS di berbagai lini laptopnya sehingga membuat bezel layarnya menjadi sangat tipis, screen-to-body-ration mencapai 90%.

Teknologi NanoEdge Display

Masih dengan desain Zenbook yang paling khas, yaitu adanya desain “Zen” yang melingkar di bagian belakang layarnya. Desain ini dibuat melalui proses panjang dengan finishing khusus supaya Zenbok 14 UM425 ini tampil lebih elegan.ย 

Performa Zenbook 14 UM425

Laptop mewah, elegan, ah pasti berat deh ๐Ÿ™

Hoho tentu tidaks! Zenbook 14 UM425 ini sangat ringan! beratnya hanya 1,13 kg saja, dan ketebalannya hanya 13,99mm saja.

Military Grade

Gak cuma mewah dan elegan, ASUS Zenbook 14 UM425 ini juga bodinya sangat kokoh dan sudah mendapat sertifikasi lolos uji standard militer AS (MIL-STD 810G).ย 

ZenBook 14 (UM425) terbukti telah lolos berbagai pengujian berstandar militer, mulai dari uji fungsional di ketinggian hingga lebih dari 15.000 kaki, uji jatuh dari ketinggian 100mm dalam keadaan hidup dan diuji di setiap sudut jatuh, hingga uji operasional di suhu rendah yaitu hingga -33 derajat Celcius.

Sertifikasi ketahanan berstandar militer tersebut membuktikan bahwa ZenBook 14 (UM425) merupakan laptop yang cukup tangguh meski merupakan laptop kelas consumer dan memiliki bodi tipis serta ringkas.

Jadi ya cukup amanlah kalau dibawa bepergian ๐Ÿ™‚

Keyboard Lebih Nyaman

Salah satu yang menjadi ciri khas dari Zenbook 14 UM425 ini adalah edge-to-egde keyboard. Format keyboardnya lebih luas dan tombolnya lebih besar.

ASUS Zenbook 14 UX425

Keyboard Zenbok 14 UM425 tampil dengan tombol lebih banyak. Seperti tombol Home, Page Up, Page Down, dan End yang lokasinya sekarang di sebelah kanan keyboard.

Keyboard Zenbok 14 UM425 memiliki travel distance sampai 1,4mm. Ini lebih besar jaraknya dibandingkan ultrabook lainnya. Selain itu juga jaraknya ideal untuk diakses oleh jari manusia.ย 

Mengetik jadi lebih nyaman, cepat dan akurat. Sayapun sudah merasakan sendiri mengetik di Zenbook 14 UM425 ini, tidak bersisik, sungguh silent, dan sangat nyaman ๐Ÿ™‚

Nah, yang istimewanya lagi, Zenbook 14 UM425 ini ada fitur NumberPad 2.0. Jadi ini fitur multifungsi, touchpad dan numpad untuk dipakai bersamaan. Kalau sebelumnya kan kita harus memilih tuh, mau touchpad atau numpad. Nah, di seri kali ini bisa dipakai bersamaan.ย 

Sayapun sudah mencobanya sendiri, dan saat saya ingin memakai numpad, dan langsung mengetik, itu screen touchnya itu berpengaruh. Jadi kalau saya butuh mengetik angka, jadi gak usah jauh-jauh ke bagian atas keyboard, cukup sentuh bagian touchoad (finger print), langsung deh keluar numpadnya.

Konektivitas Super Lengkap

Untuk Zenbook 14 UM425 ini dilengkapi port yang cukup lengkap, yaitu Port USB Type-A HDMI, dan juga Type-C (Port Thunderbolt 3).

Thunderbolt 3 memungkinkan penggunaan pada Zenbook 14 jadi lebih luas, yaitu menghubungkan kartu grafis desktop menggunakan external graphic card enclosure sehingga memungkinkan Zenbook 14 UM425 ini untuk digunakan sebagai laptop penunjang kelas berat, mulai dari main game sampai membuat content.

Jadi bisa buat editing video juga nih ๐Ÿ™‚

Zenbok 14 UM425 juga sudah dilengkapi dengan Wifi 6

(802.11ax). WiFi generasi terbaru tersebut memiliki kecepatan transfer data yang lebih tinggi dan latensi yang lebih rendah. ASUS juga menghadirkan fitur WiFi Master yang memungkinkan ZenBook 14 (UM425) mampu menangkap sinyal WiFi lebih baik. Mendukung WiFi 6 terdapat juga Bluetooth 5.0 yang dapat digunakan untuk menghubungkan berbagai aksesori mulai dari headphone hingga mouse.

Baterai Tahan 22 Jam

Siapa yang gak mau laptop tahan seharian? Yes, Zenbook 14 UM425 kapasitas baterainya mencapai 67WHr yang bisa bertahan sampai 22 jam.ย 

Sementara saat diuji menggunakan PCMark 10 pada mode modern office, ZenBook 14 (UM425) dapat bertahan hingga 12 jam 44 menit. Perlu diketahui juga bahwa ZenBook 14 (UM425) terus terkoneksi ke internet menggunakan WiFi saat pengujian berlangsung.

Teknologi baterainya juga teknolgi 1W Panel. Gunanya untuk apa? Konsumsi daya untuk layar secara keseluruhan dapat dikurangi hingga 63,6% dan dapat menambah daya tahan baterai hingga 37,5%. Berkat teknologi USB Power Delivery, ZenBook 14 (UM425) juga dapat diisi ulang dayanya menggunakan power bank. Dengan catatan, power banknya yang khusus ya, yang bisa power delivery.

Selain berkat penggunaan prosesor hemat daya dari Intel, teknologi panel terbaru adalah salah satu alasan mengapa ZenBook 14 (UM425) dapat memiliki daya tahan baterai yang panjang. ZenBook 14 (UM425) hadir dengan layar beresolusi full HD (1920×1080 pixel) dan mampu memiliki tingkat reproduksi warna hingga 100% pada color space sRGB.

Ditenagai 10th Gen Intel Core i7 (Ice Lake)

Judulnya aja sudah Ultrabook, body oke, stamina oke, processornya juga oke. Ditenagai oleh Prosesor AMD Ryzenโ„ข 4000 Series Mobile Processor. AMD terus berkomitmen untuk menghadirkan komputasi performa tinggi kepada para pengguna kami, dan kami senang bermitra dengan Asus dalam menghadirkan laptop ultrathin premium ZenBook 14 ke pasar Indonesia.

Dengan ditenagai AMD Ryzenโ„ข 4000 Series Mobile Processor, ZenBook 14 memberikan komputasi performa tinggi dengan efisiensi daya yang superior. Prosesor AMD Ryzenโ„ข 7 4700U yang tersemat pada ZenBook 14 memiliki 8 core Zen 2 yang dibangun dengan proses teknologi industri terdepan 7nmย  dan menghadirkan pemrosesan multi-threaded yang bertenaga serta performa grafis yang memukau.

Storage 512GB

Zenbok 14 UM425 dilengkapi storage berupa NVMe PCIe 3.0 x4 SSD berkapasitas 512GB. Penyimpanan tersebut tidak hanya sangat kencang sehingga dapat membuat waktu loading aplikasi serta booting semakin singkat, tetapi juga lebih tahan banting. Hal tersebut dikarenakan SSD tidak memiliki komponen bergerak dan bergantung sepenuhnya pada chip NAND Flash sehingga jauh lebih tahan banting ketimbang HDD.

Office Already Installed

Gak usah khawatir soal Microsoft Office. Saat kalian beli laptop premium ini Microsoft Office sudah otomatis terinstall, jadi gak perlu lagi deh kita install-install sendiri, apalagi pakai aplikasi bajakan. Zenbook UM425 sudah dilengkapi dengan Microsoft Office Home & Student 2019.

Microsoft Office merupakan aplikasi office terbaik di dunia dan digunakan sebagai aplikasi standar dalam pengolahan data dan dokumen kantor oleh sebagian besar institusi di dunia. Microsoft Office Home & Student 2019 terdiri dari tiga aplikasi utama yaitu Word, Excel, dan PowerPoint. Selain dilengkapi dengan fitur Office terkini,ย  Microsoft Office Home & Student 2019 juga dapat terus di-update sehingga Anda dapat terbebas dari berbagai ancaman celah kemanan dan malware. Microsoft Office Home & Student 2019 tersedia secara cuma-cuma atau tanpa biaya tambahan

prosesor Intel Core i7-1065G7

Nah, sekarang inilah spesifikasi lengkap beserta harga dari ASUS Zenbook 14 UM425ย 

Tersedia dalam 2 warna, Pine Grey dan Lilac Mist.

ย 

Nah, dengan spesifikasi yang kece banget, sekelas laptop premium, tapi harganya masih under 20juta. Bener kan? ๐Ÿ™‚

Oke, segitu dulu review saya untuk ASUS Zenbook 14 UM425. Semoga apa yang saya tulis disini bisa bermanfaat ya.

Thanks for reading ๐Ÿ™‚

30 Responses

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *