ASUS ExpertBook B9450, How to Innovate People

Dari beberapa sumber mengatakan bahwa ASUS ExpertBook B9450FA merupakan laptop bisnis dengan layar 14 inch yang tipis dan paling ringan (baca: Thin and Light Laptop), kerennya termasuk dalam jajaran laptop yang mendukung Project Athena.

Project Athena merupakan Intel development program yang membuat new user experience untuk laptop, dengan tujuan bisa memaksimalkan pekerjaan, dimana requirement awalnya ada 3 yaitu Instant Wake, Responsive, Long Battery Life dan Fast Charging. Nanti kita akan bahas lagi seputar Project Athena.

Sebelum kita membahas tentang how to innovate people, kita bahas dulu tentang spesifikasinya, untuk urusan Processor, laptop ini di berikan otak Intel Core i7-10510U CPU @1.8Ghz quad-core, 14NM dan TDP 15 W serta cache 8 MB yang jika mengaktifkan turbo bisa sampai 4.9Ghz, hal ini merupakan requirement dasar untuk Project Athena (minimal Core 15) jadi untuk urusan speed tidak usah diragukan lagi dimana clock yang bisa di naikkan menjadi 4.9Ghz dan smart cache 8 MB membuat urusan pekerjaan jadi lebih ringan. Sedangkan Memory sendiri berbeda dengan laptop lain, karena laptop ini menggunakan memory onboard (nempel langsung ke mainboard) 16 GB LPDDR3-2133 dual channel jadi jangan dibandingkan dengan laptop lain yang DDR4 Single Channel, lewat deh. Sedangkan untuk Harddisk sendiri disematkan 2 keping SSD dengan ukuran 1 TB SSD M2 PCIe NVMe, memang sih tidak dibuatkan sistem RAID 1 yang membuat performance tinggi, namun HDD ini merupakan sistem terpisah jadi kamu bisa buat drive C 1 TB, drive D 1 TB. Untuk Graphic Card jangan terlalu berharap, karena memang bukan laptop gaming, jadi Asus memberikan Intel UHD Graphic 620, yah cukup lah untuk presentasi.

Jika tadi kita sudah berbicara tentang speks dasar, berikutnya adalah body laptopnya sendiri. Laptop dengan Material bahan Magnesium-Lithium ini sudah pasti lebih enteng dari laptop pada umumnya yang menggunakan material bahan magnesium-Alumunium, sehingga waktu kamu pegang, laptopnya akan terasa padat tapi enteng, sama halnya dengan dimensi laptop ini yang hanya 32×20.3×1.49 cm. Untuk Bobot laptop sendiri hampir 1 kg, edannya, untuk varian Core i5 dengan baterai 33 Wh hanya 870 gr. Untuk Layar karena lagi-lagi ini bukan laptop gaming, diberikan Full HD (1920 x 1080 px) dengan IPS dan karena ini laptop bisnis diberikan layar Anti Glare jadi gak ada tuh yang namanya cahaya mantul-mantul. Selain itu berat yang hampir 1 kg ini selain bahan magnesium-lithium juga karena ukurannya 94% screen-to-body-ratio plus nano-edge bezel yang hanya 4 mm. Selain itu untuk memanjakan para pebisnis agar bisa berlama-lama waktu mengetik dengan Keyboard ergonomis, Asus memberikan Ergolift Hinge, lalu dibagian tombol sudah menggunakan back-lit dengan 3 level kecerahan plus dilengkapi spill resistance (66 ml) jadi kalau tidak sengaja ketumpahan air bisa sedikit aman si keyboardnya. Untuk Kamera, Asus memberikan kamera 720p 30 FPS IR sehingga buat meeting online buat video kamu bagus sekali dan kerennya sudah dilengkapi webcam shield, jadi bisa menjaga privasi kamu.

Untuk Audio, sudah menggunakan 2 speaker dibagian sisi kanan/kiri bawah dan kerennya sudah Harman/kardon certified, sedangnya microphone sudah menggunakan 4 far-field microphone dan sudah mendukung cortana. Sedangkan Konektivitas, laptop ini di lengkapi oleh 2 port USB Thunderbolt 3, 1 port HDMI, 1 network port (micro HDMI) dimana untuk mencolok kabel RJ-45 menggunakan converter yang disediakan oleh Asus, 1 audio jack combo, 1 port USB 3.1 Gen 2 Type A dan pengaman Kensington Lock. Sedangkan untuk WIFI sudah menggunakan versi latest yaitu Intel WIFI 6 AX201. Untuk Touchpad, bentuknya cukup besar dan tidak center ke tombol space, namun bisa multi fungsi, selain menjadi mouse bisa juga menjadi numeric-pad.

Untuk masalah Security, laptop ini sudah dibekali TPM 2.0, Fingerprint sensor, IR Camera, Webcam shield serta BIOS password dan storage SSD password en finally support Asus Control Center (yang di khususkan untuk IT Management).

Aplikasi MyASUS

Di aplikasi MyASUS ada beberapa opsi yang membuat kita nyaman seperti : Fan Profile (kamu bisa set 3 level penggunaan fan untuk pemakaian ringan sampai berat yaitu dynamic, whisper, velocity), Splendid (kamu bisa mengubah warna layar dari normal sampai yang nyaman untuk mata โ€“ Eye Care), Tru2Life (Membuat tampilan video jadi lebih smooth dan tajam).

Asus Business Manager

Di Asus Business Manager, kamu melakukan blocking akses untuk USB Storage/Card Reader serta DVD, adalagi Secure Storage dimana kita bisa membuat sebuah folder yang di enkripsi, ada File Shredder dimana kamu bisa menghapus file secara permanen.

BACA JUGA : ASUS Expertbook B9450, Laptop Bisnis yang Paling Ringan dan Modern

How To Innovate People

Asus sendiri memberikan cara bagaimana sebuah laptop bisa memaksimalkan kemampuan seseorang untuk bekerj. Istilah “Innovate” sendiri sebenarnya bisa kamu definisikan masing-masing, karena bisa saja setiap orang memiliki cara pandang masing-masing.

Buat saya, dengan semua kelebihan yang ditawarkan oleh ASUS ExpertBook B9450FA membuat saya sebagai seorang blogger, tidak perlu membawa charger, dan pastinya tidak membuat tangan atau punggung saya sakit membawa laptop, sehingga dimanapun kapan pun, saya bisa bekerja secara maksimal.

ย 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *