20200526_003801_0000.png

Kumparan.com Sumber Informasiku

Semenjak ada COVID-19 (baca: Corona) atau COrona VIrus Disease di akhir tahun 2019 ini. Sadar gak sih, kamu langsung menjadi ahli virus yang sangat update? Bagaimana tidak, hampir di semua grup WA isinya adalah semua yang berhubungan dengan Corona, mulai dari apa itu Corona, berita Wuhan yang lockdown, suspect Corona pertama di Indonesia, Rumah sakit mana saja yang menerima pasien Corona. Sehingga grup WA yang dibuat bukan untuk Corona tiba-tiba menjadi grup WA Corona 😓 sehingga terjadi sebuah Information Overload. Sayangnya banyak berita-berita di grup WA itu dibumbui berita-berita politik Corona.

Information Overload adalah kondisi dimana kita terus mendapatkan informasi walaupun informasi itu tidak kita butuhkan ataupun tidak kita minta

Doc : Pribadi

Hal tersebut jujur membuat saya terganggu, karena saya membuka grup bukan untuk membaca berita Corona, akhirnya saya putuskan untuk membatasi membaca grup WA, bahkan saya terpaksa leave untuk beberapa grup yang admin-nya tidak punya peraturan seputar postingan Corona. Alasan saya selain karena memang saya belum ada plan membaca berita Corona waktu membaca grup WA, saya merasa sulit dan bingung untuk membedakan antara berita valid dan berita hoax, karena tidak hanya satu grup WA yang memberikan berita itu, namun beberapa grup WA memberikan berita yang sama dan berulang-ulang dan hal tersebut membuat saya menjadi bingung, seperti : Apakah benar anak kecil kebal atau tidak mudah terkena Corona, Penggunaan masker kain yang tidak bisa menangkal virus tidak seperti masker medis, Apakah benar hand sanitizer dengan tingkat alkohol dibawah 80% tidak bisa membersihkan kuman, sampai Apakah benar pasien yang sudah sembuh dari Corona bisa terkena Corona kembali.

Leave Grup WA menjadi solusi sementara untuk saya, sampai orang-orang selesai broadcast berita tentang Corona atau ada rule dari admin Grup WA

Mungkin kamu bertanya, kalau saya bingung mana berita valid dan mana berita hoax, lalu saya melihat berita yang pasti valid dimana? Sejak di launching pertama kali pada Januari 2017, setiap hari jika saya mencari berita, yah selalu buka kumparan.com karena menurut saya ini adalah media ter-update, netral dan paling terpercaya. Karena sekarang sedang fokus dengan Corona, maka kumparan.com melakukan launching sebuah Corona Center atau Pusat Informasi Corona.

Pusat Informasi Corona – Sumber: kumparan.com

Pusat Informasi CoronaDi sini, kamu bisa mendapatkan semua informasi corona. Di bagian atas kamu bisa share artikel dengan klik 4 icon social media (FB, Twitter, LinkedIN dan Whatsup), kalau diperhatikan dibagian bawah, terdapat banyak pilihan,. mulai dari Memahami Virus Corona, Pencegahan Diri & Keluarga, Prosedur Tes & Pengobatan, Happy at Home, Rumah Sakit Rujukan, Hotline, Kumpulan Doa, Pengumuman Pemerintah dan Donasi Lawan Corona.

Collection di Pusat Informasi Corona – Sumber: kumparan.com

Kamu juga bisa melihat penyebaran kasus Corona ter-update di Indonesia tidak hanya angka Positif, Sembuh dan Meminggal. Namun bisa melihat angka aktual ODP dan PDP.

Penyebaran Corona di Indonesia – Sumber: kumparan.com


Kamu juga bisa melihat grafik peningkatan atau trend dari kasus PDP dan ODP serta berapa banyak yang terinfeksi berdasarkan top 10 provinsi.

Curva PDP, ODP sampai pasein sembuh dan meninggal – Sumber: kumparan.com

Selain itu, kamu juga bisa melihat berita-berita ter-update hari ini seputar Corona.

Berita Corona ter-update – Sumber: kumparan.com

Aplikasi Kumparan di Play Store

Buat kamu yang suka menggunakan smartphone dibanding laptop, pasti lebih suka membuka aplikasi dibanding membuka alamat web di smartphone. Kumparan.com juga punya aplikasi android yang kamu install di Play Store. Tinggal search “kumparan”, nanti kamu akan menemukan aplikasi yang berukuran 14 MB dengan nama Kumparan – Berita Indonesia Terkini.
Aplikasi kumparan.com di Play Store – Sumber: Google

Setelah di install lalu login, kamu bisa langsung search berita yang ingin kamu cari, atau jika kamu tidak tahu berita apa yang ingin kamu baca, kamu bisa mulai dari Berita Terbaru. Kamu juga bisa memilih kategori Trending, Collection, Kumparanderma, Opini dan cerita, Video dan Pusat Informasi Corona. Dan jika kamu mau mengetahui bacaan history atau rekomendasi milik kamu, kamu harus login terlebih dahulu dan menunggu verifikasi.

Menu utama di aplikasi kumparan.com – Sumber: kumparan.com

Di aplikasi kumparan ini ada beberapa kategori seperti Woman, Entertainment, Mom, Bisnis. Kamu bisa add kategori yang kamu inginkan, dan enaknya artikel yang kamu suka, kamu bisa LIKE, COMMENT dan SHARE. Tidak hanya itu, kamu bisa mendapatkan informasi artikel yang sedang trending itu apa (baca: artikel yang paling banyak di baca).

Trending di aplikasi kumparan – Sumber: kumparan.com

Seperti yang biasa saya lakukan, jika sudah mencoba aplikasi di Play Store, saya selalu memberikan rating dan review, jadi kalau kamu sudah download, jangan lupa memberikan rating dan review aplikasi kumparan ini.

Review saya di Play Store – Sumber: kumparan.com

Kumparanderma

Yang saya suka dari kumparan.com adalah sering berbagi dengan sesama, di kumparan.com ada yang namanya Kumparanderma, disini kamu bisa berbagi Peduli Sesama Lawan Corona. Targetnya adalah pengumpulan uang sebesar 1 milliar, dimana saat ini sudah terkumpul 466 juta rupiah dari 6334 donasi dan akan di tutup 27 hari lagi. Dimana donasi ini ditujukan sebagai THR untuk marbot masjid dan guru ngaji di seluruh Indonesia.

Kumparan.com peduli sesama dengan kumparanderma – Sumber: kumparan.com

Jika kamu klik Donasi Sekarang, kamu bisa berdonasi dengan nominal yang sesuai nominal kamu mulai dari 10rb sampai 500rb, melalui Saldo Gopay kamu, Mandiri VA dan BCA VA.

Transfer secara fleksibel melalui Gopay, Mandiri VA dan BCA VA – Sumber: kumparan.com

Arti Kumparan.com bagi saya

Untuk mendapatkan informasi yang kredibel saat ini bisa dibilang sangat sulit, karena intervensi beberapa kepentingan, namun yang saya suka dari kumparan.com, media ini selalu bisa bersikap netral dan dapat menyajikan informasi ataupun berita secara akurat dan detail. Makanya untuk urusan Corona, saya sangat suka dan senang, kalau kumparan.com meluncurkan semua Pusat Informasi Corona, jadi jika saya ingin membaca semua hal tentang Corona bisa langsung cuss kesana tanpa perlu dipusingkan oleh berita-berita gak dijelas di grup WA, makanya sekarang aplikasi mobile Kumparan saya letakkan di bagian layar utama smartphone saya, biar cepat akses ke kumparan.com. Selain sebagai sumber informasi, kumparan.com juga saya jadikan sumber referensi data serta ide penulisan, saking setiap harinya baca kumparan.com, saya beberapa kali capture berita dari kumparan.com di blog saya #BerkahNulisdiRumah

Semoga tulisan saya diatas bisa menjadikan kumparan.com sebagai sumber referensi kamu untuk mencari sumber berita yang terpercaya, netral dan paling update.

Kumparan.com sebagai sumber data dan ide – Sumber: kumparan.com

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Marathon Blog Ramadhan yang diadakan oleh Kumparan.com. Semoga bisa #TenanguntukMenang

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *